» » Ilmu Penting

Ilmu Penting

Penulis By on Thursday, September 13, 2018 | No comments


Oleh : Imam Nawawi

Di dunia ini tidak sedikit orang pintar, apalagi bergelar akademik. Rata-rata kids zaman now pada banyak yang sarjana.

Tetapi, ilmu bukan semata-mata orang pernah sekolah. Sebab jika itu ukurannya, maka maju makmurlah Indonesia. Tetapi, faktanya tidak. Bukan berarti sekolah tidak perlu. Tolong dicatat, sekolah sangat perlu.

Tetapi, ada hal penting yang harus terus diupayakan sekalipun diri sudah lulus kuliah hingga S3 misalnya, yakni ilmu mengenal Allah, yang karena itu kita bisa menjalankan ibadah batin dengan baik Seperti bisa ikhlas, tawakkal, syukur dan sabar.

Sekarang bagaimana mengenal Allah?
Sayid Sabiq dalam bukunya Aqidah Islam menjelaskan dua cara bermakrifat kepada Allah. Pertama, menggunakan akal pikiran dan memeriksa secara teliti hal-hal yang diciptakan oleh Allah, berupa benda-benda yang beraneka ragam.
Kedua, dengan memakrifati nama-nama Allah Ta’ala serta sifat-sifat-Nya. Insya Allah jika dua langkah ini dilakukan, maka seseorang akan mengenal Allah dengan baik.

Ketika seseorang mengenal Allah maka tak sulit baginya menjalankan perintah-Nya. Kala bahagia, segera bersyukur. Kala dalam kesulitan, bersabar.
Lihatlah Bilal bin Rabah. Secara akademik jelas dia bukan sarjana. Tetapi secara spiritual ia benar-benar mengenal Allah, sehingga tatkala sang tuan yang menyiksanya coba menggembosi imannya dengan berkata, “Ya, Bilal, ngapain kamu seperti ini. Mana Tuhanmu, Muhammad juga tidak membelamu. Kalau tidak karena belaskasihanku, celaka kamu, Bilal!”

Dengan tegas Bilal menjawab, “Ya, Umayyah, sesungguhnya Allah sedang menguji kesabaranku akan keistiqomahanku. Ketahuilah bahwa saya akan sabar dari orang-orang Arab dan saya akan lebih kuat dari Gunung Uhud.”
Bandingkan dengan orang saat ini, yang karena sedikit tawaran dunia rela meninggalkan saudara seimannya. Rela mengorbankan akal sehatnya demi gaji bulanan.

Ilmu inilah yang sejatinya kita butuhkan. Bukan saja oleh kita yang tak berpendidikan doktoral hingga ke luar negeri. Tetapi juga oleh mereka yang berderet-deret gelar akademik dan duduk menjabat beragam posisi di negeri ini.

Semoga Allah berikan kita ilmu yang penting itu, agar terang jalan kita, agar bahagia akhirat kita dan agar istiqomah jalan kita di dunia. Aamiin.

Jum’at, 4 Muharram 1439 H
Imam Nawawi, Pemimpin Redaksi Majalah Mulia >>> twitter @abuilmia

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya