» » Pilih Sikat Gigi yang Tepat untuk Anak

Pilih Sikat Gigi yang Tepat untuk Anak

Penulis By on Saturday, September 29, 2018 | No comments



Oleh : Ari Lestari

Pemilihan sikat gigi adalah hal yang sangat penting, tidak boleh disepelekan sama sekali. Salah dalam menggunakan sikat gigi bisa berakibat fatal pada kesehatan gigi, terutama bagi anak-anak balita. Selain sangat berguna untuk menjaga kesehatan mulut, hal ini juga akan membuat anak merasa nyaman menggunakan sikat gigi sejak awal. Tapi tentu saja berikan sikat gigi sesuai kebutuhan dan pertumbuhan giginya. Berikut panduan memilih sikat gigi untuk anak: 

Pertama, pastikan sikat gigi terbuat dari bahan yang aman. Karena akan dimasukkan ke dalam mulut, pastikan sikat gigi si kecil terbuat dari bahan yang aman. Misalnya, tidak mengandung BPA, terbuat dari silikon yang fleksibel sehingga mudah ditekuk, tidak menimbulkan alergi dan mudah dibersihkan. 

Kedua, sesuaikan ukuran. Panjang sikat gigi sebaiknya tidak terlalu panjang, agar Anda maupun anak nyaman memegangnya. Sedangkan ukuran kepala sikat sebaiknya sekitar 1,5 cm (ukuran kepala sikat gigi dewasa adalah 2,5 cm). 

Ketiga, pilih yang ujung kepalanya bulat dan kecil. Pemilihan sikat gigi jenis ini akan memungkinkan Anda untuk menyikat gigi dan gusinya secara detil hingga ke bagian dalam mulutnya, dan menghindari kemungkinan si kecil tersedak saat menyikat gigi.

Keempat, pilih yang bulu sikatnya lembut. Gusi anak memiliki permukaan yang lembut dan sensitif, sehingga sikat gigi untuk si kecil yang baru memiliki beberapa buah gigi adalah sikat dengan bulu yang lembut agar tak melukai gusinya.

Kelima, pastikan memiliki pegangan yang kuat. Pastikan sikat gigi memiliki batas yang tegas di bagian pegangan untuk mencegah tangan Anda tidak terpeleset saat menyikat gigi si kecil. Pegangan yang licin dapat mengejutkan dan melukai mulut si kecil.

Keenam, pilih sikat gigi yang punya desain warna yang menarik. Hal ini penting untuk membuat anak semakin antusias menyikat giginya secara teratur.

Penulis : Ari Lestari, Pemerhati kesehatan anak
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya