» » Remaja Utama

Remaja Utama

Penulis By on Friday, September 7, 2018 | No comments


Oleh : Mohammad Fauzil Adhim
Apakah anak-anak pasti akan mengalami krisis begitu memasuki usia remaja? Tidak. Berdasarkan berbagai penelitian psikologi, kita bahkan mendapati bahwa banyak remaja yang tidak perlu mengalami krisis sama sekali. Di usia belasan tahun, mereka selayaknya manusia dewasa yang arah hidupnya jelas, tidak mengalami krisis dan memiliki komitmen terhadap apa yang ingin diperjuangkannya. Remaja seperti ini disebut memiliki identitas diri paripurna.

Ada juga remaja yang sempat mengalami krisis, tetapi tidak memerlukan waktu lama, ia telah menemukan arah hidupnya, keluar dari krisis dan memiliki komitmen tinggi terhadap apa yang diyakini dan diperjuangkannya. Remaja seperti ini disebut memiliki identitas diri sembuh atau dikenal juga dengan nama Identity Achievement.

Baik remaja jenis pertama maupun kedua merupakan remaja yang telah memiliki arah hidup jelas, memiliki komitmen tinggi dan tidak mengalami krisis. Mereka dapat mengarahkan dirinya untuk produktif. Mereka inilah yang disebut sebagai remaja utama. Tugas kita para orangtua dan guru untuk menyiapkan anak-anak agar dapat menjadi remaja utama. Adapun apabila anak sudah terlanjur memasuki masa remaja dalam keadaan masih bermasalah atau pun mengambang identitas dirinya, ada tanggung-jawab bagi kita untuk mengarahkan dan mendampingi mereka.

Mohammad Fauzil Adhim, Penulis Buku dan Motivator
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya