» » Ajak Anak Beraktivitas Fisik

Ajak Anak Beraktivitas Fisik

Penulis By on Wednesday, October 17, 2018 | No comments



Oleh : Muhammad Irfan

Aktif bergerak merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan fisik anak-anak. Dengan aktif bergerak tumbuh kembang anak juga akan terbantu, baik perkembangan fisik maupun singkronisasi pergerakan dari berbagai bagian tubuhnya. Selain dengan membantu perkembangan tubuh, dengan turutu bergerak kesehatan anak anda akan ikut terbantu, anak anda akan lebih sehat secara fisik.

Orangtua sebaiknya menjadi orang yang turut perhatian terhadap tumbuh kembang anak dari berbagai aspek, baik afektif, kognitif serta psikomotornya. Oleh karena itu, alangkah sangat baik jika anak kita adalah anak yang cukup aktif bergerak dan senang melakukan aktifitas fisik ketimbang hanya duduk bermain game dan tidur di rumah. Akan lebih baik jika kita bersama dengan seluruh anggota keluarga lainnya secara aktif bergerak bersama-sama.

Jika anak termasuk ke dalam anak yang senang beraktifitas fisik, maka jangan untuk mencoba melarangnya untuk melakukan aktifitas fisik tersebut. Sebab hal tersebut justru bisa mengekang kreativitas. Bagi Anda yang senang dengan aktifitas fisik maka ada baiknya anda mengarahkannya ke arah kegiatan yang baik dan sesuai dengan perkembangan usianya di saat itu.

Kebiasaan bergerak aktif yang diajarkan dan ditanamkan sejak masa kecil dapat melekat di dalam diri anak anda dan bisa terbawa hingga ia dewasa. Dengan rajin aktif bergerak dan berolahraga tentunya tubuh yang segar dan fit bisa didapatkan oleh seluruh anggota keluarga. Meskipun demikian terkadang kesulitan untuk memulai kebiasaan baik ini selalu muncul. Oleh karena itu berikut ini ada beberapa saran dan tips yang bisa anda lakukan untuk mulai mengajak anak anda bergerak dan melakukan aktifitas fisik yang menyehatkan.

Tips mengajak anak melakukan kegiatan fisik:

Rancang Kegiatan Outdoor Keluarga
Sebagai sebuah keluarga tidak ada salahnya Anda mengajak anak-anak berlibur dan berwisata. Kegiatan berlibur sebenarnya tidaklah harus mahal dan jauh. Momen liburan merupakan salah satu kesempatan bagi anda merancang sebuah kegiaatan luar rumah yang menyenangkan. Jika anda seringkali menghabiskan waktu hanya dengan jalan-jalan di pusat perbelanjaan, mungkin sesekali anda melakukan kegiatan berenang sekeluarga, bersepeda, jalan, santai, hiking, bermain bola di taman dan berbagai jenis kegiatan fisik yang sebenarnya sederhana dan jarang dilakukan, namun memiliki manfaat yang sangat besar.

Olahraga Bersama Keluarga
Kegiatan olahraga merupakan sebuah kegiatan penting yang sebaiknya dilakukan setiap keluarga. Akan sangat baik ketika anda berolahraga bersama. Tips yang bisa anda lakukan ialah dengan mencanangkan hari olahraga keluarga. Setiap anggota keluarga bisa bebas memilih olahraga apa yang mereka sukai setiap pergantian minggunya, sehingga tidak menimbulkan rasa bosan. Tidak perlu terlalu sering, dengan hanya 1 hari setiap minggunya sudah cukup bagi anda untuk melakukan kegiatan olahraga bersama dan melakukan aktifitas bersama secara mengasyikan.

Kegiatan Membersihkan Rumah Bersama
Melakukan aktifitas fisik tidaklah melulu harus di luar rumah, kegiatan rumah pun sebenarnya bisa dilakukan untuk menggerakan badan anda. Salah satunya ialah dengan melakukan kegiatan bersih-bersih rumah secara bersama-sama. Dengan melakukan kegiatan tersebut anda tidak hanya berkeringat dan menggerakan badan, namun di sisi lain anda juga sekaligus mengerjakan tugas rumah. Gotong royong membersihkan rumah juga merupakan sebuah langkah yang bisa anda gunakan untuk mempererat hubungan antara anda dengan anggota keluarga lainnya. Lakukan kegiatan tersebut dengan sukarela dan ciptakan suasana yang mengasyikan tanpa tekanan dan aksi marah-marah.

Merancang Permainan Seru
Salah satu faktor yang banyak membuat anak malas untuk bergerak dan lebih memilih gadget serta tenggelam di dalam game karena biasanya orangtua tidak memiliki agenda menarik ketika sedang melakuakn aktivitas bersama. Oleh karena itu cobalah untuk merancang dan merencanakan kegiatan keluarga anda secara lebih baik. Anda bisa mencoba melakukan sebuah permainan baru yang mungkin sebelumnya belum pernah sama sekali dicoba oleh anak anda. Ada baiknya anda sebelumnya mengetahui atau mencari tahu apa sebenarnya hal yang sdang benar-benar disukai anak anda dan jadikan pula hal tersebut sebagai pancingan, atau anda bisa merancang sebuah permainan yang disukainya dengan berbalut aktifitas fisik baik outdoor atau indoor.

Penulis : Muhammad Irfan, Pemerhati dunia anak,
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya