» » Ajaklah Anak Menjelajah Bumi

Ajaklah Anak Menjelajah Bumi

Penulis By on Monday, October 8, 2018 | No comments

Oleh : Mohammad Fauzil Adhim

Sesekali kita dapat mengajak anak melakukan perjalanan jauh, meninggalkan kampung, melihat daerah atau negeri yang berbeda. Kita membuka cakrawala berpikir anak, mengenalkan kepada mereka ragam budaya berbeda dan menghayati bahwa kebaikan itu bukan terletak pada suku, bangsa maupun latar belakang sosial. Kita semua sama. Yang membedakan adalah iman dan amal shalih.

Sekali waktu kita dapat mengajak anak keluar, bertebaran di muka bumi, menjelajahi tempat yang cukup dekat maupun jauh. Tetapi yang jauh lebih penting lagi, bepergian jauh bersama anak merupakan saat berharga untuk menanamkan nilai-nilai hidup, sikap, prinsip dan idealisme. Di saat kita bepergian jauh, anak akan lebih merasakan sekaligus mengenali sifat maupun idealisme orangtuanya sendiri.

Banyak tempat yang dapat kita pilih. Tetapi di antara sekian tempat yang pantas bagi kita untuk menyisihkan harta, mengumpulkannya sedikit demi sedikit, adalah mengajak mereka ke Tanah Suci atau ke tempat yang memiliki nilai sejarah perjuangan sangat besar.


*) Mohammad Fauzil Adhim, Penulis Buku
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya