» » Buah Pir

Buah Pir

Penulis By on Friday, October 5, 2018 | No comments



Oleh : Ana Noorina

Pir yang dikenal dengan nama 'patharnakh' di Punjab telah menjadi tanaman buah komersial di India. Buah pir tak hanya nikmat, "sepupu" apel ini pun memiliki manfaat menakjubkan bagi kesehatan. 

Pertama, membantu menurunkan berat badan. Pir adalah buah dengan kalori rendah. Sehingga, buah ini bagus untuk disertakan dalam makanan Anda  untuk menurunkan berat badan. Buah ini membuat Anda kenyang lebih lama, karena memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Pir pun bagus untuk mengatasi masalah sembelit dan pencernaan. Hanya satu pir medium mengandung enam gram serat, sekitar 24 persen kebutuhan sehari-hari untuk wanita di bawah 50 tahun. Demikian perhitungan yang dimuat dalam The Food and Nutrition Board dari Institut Nasional Kedokteran (2001).

Kedua, mencegah kanker. Pir menjadi sumber vitamin C dan Vitamin A, sekaligus bertindak sebagai antioksidan melawan radikal bebas di dalam tubuh. Ketiga, memerangi penyakit kardiovaskular. Pir sarat dengan mineral seperti sodium dan kalium. Ini penting untuk meningkatkan sirkulasi darah dan menguatkan otot jantung. Serat menurunkan kadar gula darah dan kolesterol, sehingga menjaga agar jantung tetap dalam kondisi kerja yang baik.

Kempat, mengurangi risiko colitis. Kolitis adalah penyakit berupa peradangan usus besar yang menyebabkan gejala nyeri, meradang, diare dan perdarahan anus. Usus besar meliputi area dari caecum (tempat menempel usus buntu/appendiks), kolon ascendant, kolon transversum, kolon descendent sigmoid, rektum, dan anus. Pir dengan jumlah serat yang tinggi mampu mencegah dan juga mengatasi terjadinya kolitis. Masalah usus besar bisa disembuhkan dalam satu minggu dengan mengkonsumsi setengah kilogram pir segar sebelum waktu makan tiga kali sehati. Namun, sebelum makan buah pir, kulitnya harus dikupas lebih dulu.

Penulis : Ana Noorina, Pemerhati gizi anak

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya