» » Mendorong Anak Gemar Membaca

Mendorong Anak Gemar Membaca

Penulis By on Wednesday, October 17, 2018 | No comments



Oleh : Muh. Mohtadin, S.Pd.I.

Banyak orangtua yang gemar membaca dan menghabiskan beberapa buku setiap hari. Sementara mereka tidak peduli apakah anak-anaknya gemar membaca atau tidak. Bahkan dibiarkan menonton televisi ketimbang mengambil sebuah buku.

Padahal membaca memberikan banyak manfaat, mulai dari membangkitkan daya imajinasi hingga efek mengurangi stres. Kenyataannya, mereka yang sering membaca buku mengalami perbaikan dalam kosa kata, memperkaya ingatan dan bahkan rasa akan harga diri yang lebih sehat. Seluruh manfaat ini dapat memberi pengaruh yang positif dalam kehidupan anak kita. Lalu bagaimana kita sebagai orangtua dapat menanamkan kegemaran membaca dalam diri anak kita?
Salah satu tantangan yang lumayan sulit dihadapi oleh para orangtua adalah bagaimana cara membuat anak suka membaca dan menikmati hobi membaca. Berikut ini adalah enam saran untuk membantu agar anak  kita gemar membaca:

Pertama, mulailah sejak dini. Anak kita cenderung gemar membaca bila orangtua mulai membacakan buku kepadanya pada usia yang sangat muda. Tidak pernah terlalu dini untuk mulai membaca. Bahkan saat mereka masih bayi, anak-anak yang dibacakan cerita oleh orangtuanya memperoleh manfaat besar. Bayi belajar cara berbicara serta keterampilan berkomunikasi, ketimbang kata-kata yang sebenarnya dari pengalaman mereka. Dengan membacakan kepada anak Anda sejak dini, Anda menyediakan lebih banyak peluang untuk mengembangkan keterampilan berbicara tahap awal. Selain itu, anak-anak menyukai perhatian, dan Anda menyediakan waktu tambahan untuk ikatan batin.

Kedua, berilah teladan. Jika anak Anda melihat Anda membaca di waktu-waktu luang Anda, mereka cenderung untuk membaca sendiri. Bicarakanlah mengenai buku yang sedang Anda baca serta hal apa yang menarik dari buku-buku itu. Sehingga membuat anak-anak penasaran apa yang dibaca orangtuanya.

Ketiga, membacalah bersama-sama. Hal ini kembali lagi pada waktu ikatan batin antara anak-anak dan orangtua yang disebutkan sebelumnya. Anak-anak menghendaki lebih banyak waktu bersama dengan orangtua mereka. Jika mereka mengerti bahwa mereka mendapatkan lebih banyak waktu ayah dan ibu melalui membaca, mereka akan mengembangkan kegemaran akan kegiatan tersebut yang dapat menjadi sumber motivasi yang kuat.

Keempat, bantulah anak-anak memilih buku yang mereka minati dan yang dapat menjadi sumber rujukan mereka. Membaca hendaknya menjadi pilihan, bukan paksaan. Biarlah minat mereka menjadi pembimbing mereka. Jika anak Anda adalah seorang anak laki-laki berusia 12 tahun, dia mungkin tidak berminat pada buku-buku yang dipenuhi oleh cerita-cerita tentang tuan putri dan kuda poni. Sediakanlah kepadanya bahan-bahan bacaan dengan pokok bahasan yang bervariasi yang dia minati. Lebih baik lagi, bantulah dia memilih buku-buku yang berisikan tokoh-tokoh yang sesuai usianya.

Kelima, berilah penghargaan atas prestasi yang mereka capai. Sebagian anak termotivasi oleh prestasi yang mereka capai; sementara yang lainnya termotivasi oleh penghargaan atas prestasi tersebut. Buatlah bagan yang jelas yang dengan bagan tersebut anak Anda dapat menelusuri sampai di mana pembacaan mereka. Pastikan bahwa ada tujuan yang jelas di bagian akhir (jumlah buku atau halaman yang dibaca atau jumlah waktu yang dihabiskan). Setelah mereka mencapai tujuan mereka, rayakanlah apa yang mereka capai dengan sesuatu yang istimewa.

Keenam, sisihkan waktu untuk membaca. Khususkanlah sejumlah waktu tertentu bagi anak Anda untuk membaca setiap hari. Setelah beberapa minggu membaca secara konsisten, maka itu akan menjadi kebiasaan. Banyak orangtua yang gemar membaca secara otomatis beranggapan bahwa membaca akan dapat dinikmati secara alami oleh anak-anak mereka. Namun membaca sering merupakan kenikmatan yang diperoleh, sesuatu yang anak-anak harus berusaha untuk memperolehnya. Jika Anda terus bertahan untuk membacakan kepada anak-anak Anda, anak-anak Anda akan menemukan sukacita yang dihasilkan dari kegiatan membaca serta menghargainya di sepanjang kehidupan mereka, sehingga pada akhirnya mereka memperoleh banyak manfaat dari menjadi seseorang yang terbiasa membaca. Minggu ini, pilihlah salah satu dari keenam saran yang terdapat dalam artikel ini dan mulailah menerapkannya kepada anak-anak Anda. Selamat membaca!

*) Muh. Mohtadin, S.Pd.I. Direktur Les Baca Anak Hebat
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya