» » » Perdengarkan لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهَ Kepada Bayimu

Perdengarkan لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهَ Kepada Bayimu

Penulis By on Tuesday, October 23, 2018 | No comments


Oleh: Mohammad Fauzil Adhim

Dari Ibnu ‘Abbas radhiyaLlahu 'anhu bahwa Nabi shallaLlahu ’alaihi wa salam bersabda, “Ajarkan kalimat لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهَ kepada anak-anak kalian sebagai kalimat pertama dan tuntunkanlah mereka mengucapkan kalimat لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهَ ketika menjelang mati.” HR. Hakim.

Inilah kalimat tauhid. Inilah kalimat yang seharusnya menjadi pembuka dan penutup kehidupan manusia. Tidak ada yang lebih berharga bagi manusia kecuali kalimat لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهَ di ujung hidupnya. Ia menjadi kalimat penutup dari kehidupannya. Ia menjadi kalimat yang dipersaksikan dengan segenap kesungguhan dan perjuangan.

Apabila anak sudah mulai besar dan dapat menirukan apa yang kita ucapkan, Rasulullah shallaLlahu 'alaihi wa sallam memberikan contoh bagaimana mengajarkan untaian kalimat yang sangat berharga untuk keimanan anak di masa mendatang. Kepada Ibnu ‘Abbas radhiyaLlahu 'anhu yang ketika itu masih kecil, Rasulullah shallaLlahu 'alaihi wa sallam berpesan:

“Wahai Anakku, sesungguhnya aku akan mengajarkanmu beberapa kata ini sebagai nasehat buatmu. Jagalah hak-hak Allah, niscaya Allah pasti akan menjagamu. Jagalah dirimu dari berbuat dosa terhadap Allah, niscaya Allah akan berada di hadapanmu. Apabila engkau menginginkan sesuatu, mintalah kepada Allah. Dan apabila engkau menginginkan pertolongan, mintalah pertolongan pada Allah. Ketahuilah bahwa apabila seluruh ummat manusia berkumpul untuk memberi manfaat padamu, mereka tidak akan mampu melakukannya kecuali apa yang telah dituliskan oleh Allah di dalam takdirmu itu.Juga sebaliknya, apabila mereka berkumpul untuk mencelakai dirimu, niscaya mereka tidak akan mampu mencelakaimu sedikit pun kecuali atas kehendak Allah. Pena telah diangkat dan lembaran takdir telah kering.” HR. Tirmidzi.

Apa yang bisa kita petik dari hadis ini? Tak ada penolong kecuali Allah Yang Maha Kuasa; Allah yang senantiasa membalas setiap kebaikan. Tak ada tempat meminta kecuali Allah. Tak ada tempat bergantung kecuali Allah. Dan itu semua menunjukkan kepada anak bahwa tidak ada tuhan kecuali Allah.


Mohammad Fauzil Adhim, Penulis Buku & Motivator
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya