» » Udang

Udang

Penulis By on Thursday, January 3, 2019 | No comments



Oleh : Minarty Sastrina, S. Gz

Udang merupakan sumber protein yang sangat baik dan selenium. Sumber penghasil zat besi, omega-3, asam lemak, seng, tembaga, magnesium, dan niasin serta vitamin B12 dan vitamin D. Selenium di dalam udang berfungsi menetralkan efek merugikan radikal bebas yang merupakan penyebab utama kanker dan penyakit degeneratif lainnya. Sedangkan asam lemak omega-3 juga dapat meringankan gejala sindrom pramenstruasi, menghindari pembekuan darah, mencegah perkembangan rheumatoid arthritis, memperlambat pertumbuhan tumor kanker, dan membantu mencegah penyakit Alzheimer. Asam lemak esensial juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat, dan mencegah penggumpalan kepingan darah.

Selain itu, udang memiliki anti-inflamasi yang bermanfaat dalam membantu mengurangi gusi bengkak. Kandungan vitamin D yang ada di dalam tubuh udang berguna untuk mengatur penyerapan kalsium dan fosfor yang berperan dalam pembentukan serta penguatan tulang dan gigi. Sedangkan kandungan vitamin B12 udang memiliki kontribusi penting bagi fungsi otak yang tepat dan`pembentukan serta pematangan sel-sel darah.

Udang juga merupakan sumber yang baik dari omega-3 asam lemak, mengurangi risiko masalah kardiovaskular karena mengurangi kolesterol dalam darah. Protein yang ada di dalam udang relatif rendah lemak dan rendah kalori, ons empat porsi pasokan udang 23,7 gram protein untuk 112 kalori belaka dan kurang dari satu gram lemak. Kandungan zat besi dan zinc yang tinggi bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah dan mencegah anemia.

Sementara kandungan vitamin C dan Niasin berfungsi menjaga kesehatan kulit dan mencegah kulit bersisik. Dalam mengkonsumsi udang, sebaiknya dimakan bersama dengan kulitnya. Sebab kulit udang mengandung “glucosamine” yang bermanfaat untuk membantu pembentukan tulang rawan pada persendian tulang.

Penulis : Minarty Sastrina, S. Gz., Ahli gizi, tinggal di Malang

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya