» » Menjadikan Kebersihan Lingkungan Sebagai Gaya Hidup

Menjadikan Kebersihan Lingkungan Sebagai Gaya Hidup

Penulis By on Monday, February 4, 2019 | No comments


Oleh: Dwi Lestari W

Lingkungan tempat kita tinggal perlu dijaga kebersihannya. Lingkungan adalah daerah yang ada di sekitar kita. Lingkungan sekitar haruslah kita pelihara. Kelestarian lingkungan menjadi tanggung jawab bersama.

Hubungan kerja sama dapat diwujudkan dalam melestarikan budaya hidup sehat. Lingkungan sehat membantu kita untuk terhindar dari penyakit. Bagaimanakah cara mewujudkan hidup sehat?

Kebersihan rumah dan sekolah perlu dijaga. Rumah adalah tempat tinggal kita. Sekolah adalah tempat kita belajar bersama kawan-kawan dan guru. Rumah dan sekolah yang bersih membuat kita nyaman dan sehat. Kebersihan rumah perlu dijaga untuk menciptakan lingkungan sehat. Rumah sehat bukan berarti rumah mewah dan besar. Rumah yang sederhana dan kecil pun dapat dikatakan sehat. Asalkan rumah tersebut terawat dan terjaga kesehatannya.

Rumah sehat memiliki syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi. Rumah yang sehat selalu dijaga kebersihannya. Membersihkan rumah merupakan kewajiban seluruh anggota keluarga. Alat-alat yang biasa digunakan untuk membersihkan rumah adalah sapu, kemoceng, sikat, dan kain lap. Membersihkan rumah akan lebih baik jika dilakukan rutin.

Meski sudah dilakukan secara rutin, kadang tetap saja dalam waktu sekejap, rumah sudah kotor atau berantakan lagi. Tentu saja untuk merapikannya lagi, butuh waktu dan tenaga yang ekstra, Buku berjudul The Life —Changing Magic- of Tidying Up ini mencoba memberi jawaban pada kita untuk menangani situasi rumah yang mudah berantakan.

Buku yang ditulis Marie Komdo ini menjelaskan bahwa boleh jadi penyebab berantakan tersebut adalah karena adanya barang-barang yang sebetulnya tidak berguna. Karena itu, perlu diinventarisir, barang mana saja yang termasuk kategori membangkitkan kegembiraan atau tidak. Selain itu, buku ini juga memberi tips memulai kebiasaan berbenah yang efektif  berdasarkan kategori serta bagaimana cara membabat habis situasi berantakan di rumah.

Penulis: Dwi Lestari WS, Staf BPH Yayasan Insan Mulia Semesta
Bantul

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya