» » Anjuran Menikah di Bulan Syawal

Anjuran Menikah di Bulan Syawal

Penulis By on Tuesday, May 28, 2019 | No comments


Oleh : Cahyadi Takariawan


Tidak terasa, Ramadhan 1440 H hampir tiba di penghujungnya.

Masih ada waktu beberapa hari untuk menyempurnakan ibadah Ramadhan.

Juga masih ada beberapa hari bagi kaum singlelillah untuk menyiapkan akad nikah di bulan Syawal.

Aisyah Ra menceritakan:

تَزَوَّجَنِي رَسُولُ اللهِ فِي شَوَّالٍ، وَبَنَى بِي فِي شَوَّالٍ، فَأَيُّ نِسَاءِ رَسُولِ اللهِ كَانَ أَحْظَى عِنْدَهُ مِنِّي؟، قَالَ: ((وَكَانَتْ عَائِشَةُ تَسْتَحِبُّ أَنْ تُدْخِلَ نِسَاءَهَا فِي شَوَّالٍ

“Rasulullah Saw menikahiku di bulan Syawal, dan membangun rumah tangga denganku pada bulan syawal pula. Maka isteri-isteri Rasulullah Saw yang manakah yang lebih beruntung di sisinya dariku?”

Perawi berkata: “Aisyah Ra suka menikahkan para wanita di bulan Syawal”. HR. Muslim.

Ibnu Katsir rahimahullah menjelaskan, “Rasulullah Saw menikahi ‘Aisyah untuk membantah keyakinan yang salah pada sebagian masyarakat yaitu tidak suka menikah di antara dua ‘ied (antara ‘iedul Fitri dan ‘iedul Adha), mereka khawatir akan terjadi perceraian. Keyakinan ini tidaklah benar.”

Imam An-Nawawi rahimahullah menjelaskan, “Di dalam hadits ini terdapat anjuran untuk menikahkan, menikah, dan membangun rumah tangga pada bulan Syawal. Para ulama kami (Syafi’iyyah) telah menegaskan anjuran tersebut dan berdalil dengan hadits ini".

Masih ada beberapa hari bagi kamu untuk persiapan menikah di bulan Syawal 1440 nanti. Sebagaimana slogan kalian, #2019GantiStatus.

Moga dimudahkan, dilancarkan dan diberkahi. Aamiin.


Sumber : IG Cahyadi_Takariawan
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya