» » Hebat dengan Al-Qur’an

Hebat dengan Al-Qur’an

Penulis By on Friday, May 10, 2019 | No comments

Oleh : Imam Nawawi

“Dan sungguh, Kami telah menurunkan kepada kamu ayat-ayat yang memberi penjelasan, dan contoh-contoh dari orang-orang yang terdahulu sebelum kamu dan sebagai pelajaran bagi orang-orang yang bertaqwa.” (QS. 24: 34).
Sahabat, sekali waktu tengoklah kitab sucimu dengan penghayatan.
Ayat di atas misalnya, menegaskan kepada kita bahwa Al-Qur’an itu berisi ayat-ayat yang jelas. Artinya tak sukar dipahami, bahkan dalam beberapa hal, ayat itu tinggal dijalankan dengan penuh keimanan.
Misalnya, ayat “Bacalah dengan nama Tuhanmu yang telah Menciptakan.”
Apa yang sukar dari ayat tersebut untuk dipahami dan dijalankan. Tinggal pandai-pandai dan semangat menggunakan indera dan akal serta hati untuk membaca segala keadaan, tentu saja semua diarahkan untuk semakin teguhnya keimanan.
Dan, dalam Al-Qur’an itu disampaikan kisah-kisah, contoh-contoh perbuatan dan akibat yang mereka terima di masa lampau, semua itu sejatinya adalah bahan untuk kita terbiasa berpikir.
Mau curang, silakan pelajari Surah Al-Muthoffifin, di sana kita akan dapati betapa Allah murka terhadap pelaku kecurangan.
Mau sombong, silakan simak kisah Fir’aun, yang merupakan sosok raja diraja, dimana tidak ada manusia yang berlaku melampaui batas seperti dirinya. Itu juga pelajaran.
Jadi, pelajaran contoh, sekaligus peringatan sepenuhnya termaktub di dalam Al-Qur’an.
Maka, bagaimana mungkin kita tidak mau bertaqwa kepada Allah Ta’ala.
Terkait hal ini, Ali bin Abi Thalib karamallahu wajhah memberikan penjelasan gamblang dan menarik.
“Di dalamnya terdapat hukum di antara kalian, kabar-kabar ummat-ummat sebelum kalian, dan berita ummat-ummat setelah kalian. Al-Qur’an benar-benar firman yang memisahkan antara yang haq dan yang bathil dan sekali-kali bukanlah senda gurau. Barang siapa meninggalkannya karena takabbur, maka Allah akan menghancurkannya, barang siapa mencari petunjuk pada selainnya, maka Allah akan menyesatkannya.”
Alhamdulillah, besok insya Allah kita akan bertemu Ramadhan 1440 H. Semoga Al-Qur’an terus menjadi panduan hidup, cahaya yang menerangi hati, dengan ikhtiar dan pertolongan-Nya, senantiasa membimbing perjalanan hidup kita.
Seperti Nabi dan para sahabat yang hebat dengan Al-Qur’an, semoga kita pun bisa mnejadi manusia hebat, yakni manusia yang hidupnya bermanfaat bagi maslahat ummat dunia-akhirat. Aamiin.


Imam Nawawi, Pemimpin Redaksi Majalah Mulia
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya