» » Ketika Ramadhan di Penghujung Penghabisan

Ketika Ramadhan di Penghujung Penghabisan

Penulis By on Thursday, May 30, 2019 | No comments

Oleh : Mohammad Fauzil Adhim

Ramadhan berlari dengan kencang. Tak terasa, bulan penuh barakah ini sudah di ambang penghabisan.

Berbahagialah orang-orang beriman yang Allah 'Azza wa Jalla beri kesempatan serta kemampuan berpuasa, sepenuhnya atas dasar iman dan semata-mata mengharap ridha-Nya. Berbahagialah yang dapat mengisi akhir Ramadhan dengan i'tikaf di masjid sebelum melepas bulan Ramadhan dengan rasa sedih sembari berharap berjumpa dengan Ramadhan di tahun berikutnya.

Dari Abu Hurairah radhiyaLlahu 'anhu, ia berkata:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa berpuasa Ramadhan atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Siapa yang mendapat ampunan atas dosa-dosanya yang telah berlalu? Mereka yang sungguh-sungguh berpuasa karena iman dan ihtisab; semata-mata karena imannya dan hanya untuk mengharap ridha Allah 'Azza wa Jalla, lalu diikuti dengan perbuatan yang membuktikan kebenaran niatnya. Jadi, bukan sekedar berpuasa. Alangkah banyak yang berpuasa, tetapi tidak memperoleh apa pun selain lapar dan dahaga. Lalu bagaimana mungkin tiba-tiba saat 'Idul Fithri kita mengatakan mereka semua kembali suci?!

Maka sebelum berakhir, inilah saatnya berbenah. Semoga Ramadhan kita tidak berakhir sia-sia. Lebih-lebih sampai mendatangkan murka.

10 hari terakhir bulan Ramadhan adalah saat memperbanyak memohon maaf kepada Allah Jalla wa 'Ala. .

'Aisyah radhiyaLlahu ‘anha berkata:

قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَرَأَيْتَ إِنْ عَلِمْتُ أَىُّ لَيْلَةٍ لَيْلَةُ الْقَدْرِ مَا أَقُولُ فِيهَا قَالَ قُولِى اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

Katakan padaku, "Ya RasulaLlah, apa pendapatmu, jika aku mengetahui suatu malam adalah Lailatul Qadar. Apa yang aku katakan di dalamnya?” Beliau menjawab,” Ucapkanlah: ‘Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf yang menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku.'" (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Jadi, inilah do'a yang perlu kita perbanyak di hari-hari terakhir bulan Ramadhan:

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى


Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu anni.

Mohammad Fauzil Adhim, Penulis Buku dan Motivator
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya