» » Selada

Selada

Penulis By on Thursday, May 9, 2019 | No comments



Daun selada adalah sumber vitamin A dan vitamin K yang sangat tinggi. Secangkir daun selada bahkan bisa memenuhi 82 persen kebutuhan vitamin A harian serta 60 persen kebutuhan vitamin K harian Anda.

Selain itu, daun selada juga mengandung berbagai nutrisi penting seperti zat besi, kalium, kalsium, folat, dan serat.
Meski kaya akan gizi, Anda tak perlu khawatir dengan kandungan kalori dan lemaknya. Secangkir selada hanya mengandung delapan kalori dan nol lemak. Jadi, makan selada justru akan membuat Anda kenyang lebih lama tanpa takut bikin gemuk.

Daun selada kaya akan folat. Di dalam tubuh Anda, folat berfungsi untuk mengolah asam amino bernama homosistein dalam darah. Sedangkan kadar homosistein dalam darah yang terlalu tinggi bisa menimbulkan berbagai masalah pada jantung. Misalnya peyumbatan pembuluh darah. Hal tersebut dapat meningkatkan risiko stroke, penyakit arteri koroner, dan emboli paru.

Di samping itu, selada juga mengandung vitamin A dan C. Keduanya berfungsi sebagai antioksidan yang ampuh melawan radikal bebas sekaligus mencegah kerusakan sel-sel yang bisa berujung pada penyakit jantung.

Kekurangan asupan vitamin A dapat membuat warna kulit jadi tidak rata atau belang. Sedangkan kekurangan vitamin C bisa membuat kulit cepat keriput, kendur, dan kusam. Nah, rutin mengonsumsi daun selada yang kaya akan vitamin A dan C bisa membantu merawat kulit Anda agar tampak lebih sehat, kencang, dan lembut. Kandungan air yang tinggi dalam daun selada juga bisa menjaga kelembapan kulit Anda secara alami sehingga tidak kering atau bersisik.

Berbagai vitamin dalam daun selada berfungsi untuk menjaga sel-sel imun dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Kandungan vitamin A juga mampu meredakan infeksi, peradangan, serta kerusakan sel. Maka, rutin makan selada bisa membantu Anda mencegah penyakit umum yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Misalnya influenza dan diare.

Khasiat baik vitamin A bagi kesehatan mata tentu sudah tidak asing lagi buat Anda. Kekurangan vitamin A bisa meningkatkan risiko glaukoma, katarak, dan menurunnya penglihatan karena proses penuaan.

Selada yang tinggi akan vitamin A bisa membantu Anda menjaga agar mata senantiasa sehat dan tajam meskipun usia terus bertambah.

Pembentukan dan kepadatan tulang Anda sangat bergantung pada vitamin K serta kalsium. Jadi mengonsumsi sayuran hijau seperti selada yang kaya akan vitamin K dan kalsium bisa mencegah pengeroposan tulang, osteopenia, atau osteoporosis.||
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya