» » 365 Hari Bersama Rasulullah

365 Hari Bersama Rasulullah

Penulis By on Thursday, September 19, 2019 | No comments


Oleh : Ulfah Hasanah, S.Pd.

Ternyata dalam hal memilih teman itu sangat penting. Dan sebaik-baik teman serta panutan bagi Muslim adalah junjungan kita, Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Alangkah indahnya sebuah rumah, jika menghadirkan Rasulullah menjadi tamu di dalamnya, sehingga waktu yang kita pergunakan bersama anak-anak akan menjadi istimewa dan penuh kebahagiaan.

Ada 365 kisah kehidupan Rasulullah untuk bisa dibaca setiap hari sepanjang tahun. Dengan membaca kisah beliau dari hari ke- 1 sampai ke- 365 bersama anak-anak, kita bisa menjadi saksi kehidupan Rasulullah.

Menceritakan satu hari satu kisah kepada anak-anak, dapat membantu mereka mendapatkan kesempatan merefleksikan masing-masing kisah, sekaligus membangun rasa ingin tahu dan semangat untuk mendengarkan kisah selanjutnya.

Kisah Nabi Muhammad tidak hanya pada satu tempat saja. Ada banyak wilayah yang menjadi tempat-tempat penting dalam perjalanan dakwah beliau. Dengan membacakan satu kisah satu hari, anak juga dapat familier dengan tempat-tempat penting yang berhubungan dengan peristiwa dan tokoh-tokoh pada saat itu.

Kita bisa memanfaatkan topik dalam kisah Rasulullah dan para sahabatnya untuk membentuk sifat dan kualitas generasi ini seperti kepribadian Rasulullah SAW yang mulia.

Mari kita ajak anak-anak kita mencontoh keramahan, kejujuran, sifat pemaaf, dan semua kebaikan dalam diri Rasulullah. Setahun penuh kebaikan, seumur hidup menjadi kaum Nabi Muhammad, menjadi kesayangan-Nya. Aamiin.

Ulfah Hasanah, S.Pd., Guru SDIT Hidayatullah Yogyakarta
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya