» » » Logo Sekolah, Begitu Pentingkah?

Logo Sekolah, Begitu Pentingkah?

Penulis By on Sunday, September 29, 2019 | No comments


Oleh : Budi Yuwono, M.Sn.

Sekolah adalah tempat para peserta didik untuk memperoleh pendidikan. Sekolah bisa diartikan sebagai sebuat tempat dimana proses belajar dan mengajar berlangsung, bahkan sekolah merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berfungsi mencerdaskan kehidupan manusia. Ada banyak sekolah diseluruh Indonesia baik swasta maupun negeri. Seiring perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat banyak bermunculan sekolah-sekolah dengan menghadirkan konsep-konsep pendidikan yang baru. Hal tersebut membuat sekolah-sekolah diberbagai tempat di Indonesia berlomba-lomba untuk membuat sekolah mereka agar banyak diminati oleh para pelajar.

Bagaimanapun, sekolah adalah sebuah institusi yang membutuhkan pengakuan dan eksistensi untuk keberlangsungan proses pendidikan. Meskipun, sekolah bukanlah lembag bisnis yang mencari keuntungan semata, akan tetapi proses belajar mengajar juga memerlukan biaya operasional. Berbagai macam strategi atau cara mereka lakukan untuk menarik minat peserta didik agar bersekolah ditempat mereka. Dengan adanya persaingan ini maka sekolah membutuhkan sebuah identitas yang baku sebagai penanda tentang keberadaan lembaga tersebut. Ketika persaingan belum terlalu ketat, maka nama, merk atau logo belumlah bisa dianggap penting. Akan tetapi di jaman sekarang keberadaan logo sebagai pembeda dari sekolah lain layak dipertimbangkan.

Logo sendiri adalah suatu gambar atau sekedar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari sekolah tersebut, sehingga membutuhkan sesuatu yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya. Sebuah logo wajib mempunyai filosofi, konsep, ciri khas seperti warna dan bentuk huruf tertentu. Sebuah logo adalah simbol atau identitas visual, dapat memakai elemen apa saja, seperti tulisan, logogram, gambar, ilustrasi dan lain-lain. Dalam logo sekolah, terdapat beberapa aspek yang harus diperhatikan supaya fungsi logo sebagai identitas sekolah bisa tercapai, pertimbangan tentang logo yang baik yaitu:
Sependapat dengan seorang pakar logo bernama David E. Carter, bahwa logo yang baik paling tidak memenuhi 6 kriteria:

Original dan distinctive. Mempunyai ciri khas, unik, serta memiliki daya beda yang jelas dengan logo sekolah lain.

Legible: Mempunyai tingkat keterbacaan yang tinggi ketika diaplikasi ke dalam berbagai ukuran dan media promosi. Mulai dari papan nama sekolah yang cukup besar, kop surat, stempel, badge di baju seragam, hingga kartu nama.

Simple atau sederhana: Mudah dimengerti dan ditangkap dalam waktu yang relatif singkat, karena kemampuan orang untuk mengenali sebuah sekolah tidaklah terlalu lama.

Memorable: Mudah di ingat dalam waktu relatif lama karena keunikannya, sehingga akan mudah dikenal dan dikenang.

Easy associated with the company: Logo yang baik adalah mudah dihubungkan atau diasosiasikan dengan jenis usahanya, sehingga banyak logo sekolah menggunakan simbol pena, buku, dan sebagainya. Karena sekolah adalah lembaga pendidikan.

Easily adaptable for all graphic media: Faktor kemudahan mengaplikasikan logo pada berbagai media perlu diperhitungkan. Baik pada media datar (papan nama), media lengkung (ballpoit, mug), bahkan pada media lentur (baju seragam).

Meskipun demikian, logo sekolah hanya sebuah ‘sekerup kecil’ dari mesin besar bernama School Branding. Mudah-mudahan di kesempatan lain bisa kita bahas lebih lanjut tentang membangun brand sekolah hingga cara memasarkannya. Salam Kreatif !

Budi ‘cc-line’ Yuwono
Desainer Grafis & Dosen Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya