» » Menjaga Shalat Berjama’ah

Menjaga Shalat Berjama’ah

Penulis By on Tuesday, September 24, 2019 | No comments



Oleh : Salim Abu Hanan

Hal utama seseorang akan melakukan dan selalu melakukan sesuatu adalah adanya keinginan untuk meraih sesuatu. Keinginan untuk mendapatkan sesuatu menjadi motivator bagi dirinya. Demikian juga Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam mendidik umatnya, mengajarkan berbagai fadhilah dari ibadah yang dilakukan. Berikut berbagai fadhilah yang disampaikan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bagi umatnya yang menjalankan shalat fardhu secara berjamaah.

Pertama, mendapatkan pahala bagi setiap langkah kakinya menuju masjid. Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, “ Seseorang yang berjalan menuju masjid, maka tiap langkah kakinya akan diberikan satu pahala, dihapuskan satu dosa, dan dinaikkan satu derajad oleh Allah Ta’ala” (HR.Ibnu Majah dan Muslim).

Kedua, mendapatkan pahala bagi yang menunggu shalat di masjid. Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Orang yang menunggu shalat di masjid akan diberi palaha seperti melakukan shalat” (HR.Bukhari). Ini mendorong kita untuk bersegera pergi menuju masjid jika waktunya telah tiba.

Ketiga, didoakan oleh para malaikat selama berada di masjid. Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, “ Para Malaikat selalu memberi shalawat (mendoakan) kepada salah seorang dari kalian selama ia masih di tempat ia shalat  dan belum berhadats. Malaikat berkata “Ya Allah ampunilah dia, Ya Allah rahmatilah dia” (HR.Bukhari)

Keempat, mendapatkan pahala yang berlipat ganda hingga 27 kali lipat. Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Shalat berjamaah lebih utama dua puluh tujuh dibanding shalat sendirian.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Keempat, mendapat ampunan Allah dari dosa-dosa yang lalu. Sebagaimana sabda Rasulullah, “ Jika imam mengucapkan ; ghoiril maghdhubi’alaihim  waladhdhoolliin, maka ucapkan ; amin, karena sesungguhnya siapa yang mengucapkan amin bersamaan dengan ucapan malaikat maka ia akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu”.

Masih banyak lagi fadhilah shalat jamaah yang dikemukakan oleh Allah Ta’ala dan Rasul-Nya yang merupakan motivasi bagi umatnya agar melaksanakan shalat jamaah secara istiqomah.

Bagi kita yang tidak kalah penting adalah mendidik dan membiasakan anak untuk melaksanakan shalat jamaah di masjid. Tiga hal yang menjadi syarat dalam mendidik dan membiasakan anak melakukan shalat berjamaah adalah; teladan, budaya lingkungan, dan pengertian.

Teladan, yaitu adanya warga dewasa yang ia jumpai selalu rajin ke masjid untuk shalat berjamaah. Teladan ini selalu ia jumpai baik di rumahnya, di sekolahnya, maupun di masyarakat. Ini pasti menjadi perhatian bagi anak, pasti menjadikan ringan baginya untuk menirunya.

Budaya lingkungan, budaya atau masih taraf adat, atau kebiasaan di lingkungan ia tinggal. Yaitu adanya kebiasaan shalat jamaah di masjid bagi warganya. Yang paling utama adalah di lingkungan keluarganya. Ada kebiasan yang kuat dalam keluarga untuk selalu melaksanakan shalat fardhu berjamaah, pasti lebih ringan bagi anak untuk mengikuti kebiasaan yang telah hidup dalam keluarga.

Pengertian, ya pengertian tentang fadhilah shalat berjamaah yang harus selalu diingatkan. Tentu saja pengertian yang dimaksud disesuaikan kemampuan menurut umur anak. Penting  dalam komunikasi adalah selalu mengingatkan. Bisa mengingatkan secara lisan secara berkala. Bisa lewat tulisan yang ditempel dan mudah terbaca.

Salim Abu Hanan, Pimpinan Madin Saqura Sleman
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya