» » » Rumah Belajar Kemendikbud, Solusi Belajar Tanpa Berbayar

Rumah Belajar Kemendikbud, Solusi Belajar Tanpa Berbayar

Penulis By on Sunday, September 8, 2019 | No comments



Oleh : Prihatiningsih, S.Si.

Rumah Belajar Kemendikbud (https://belajar.kemdikbud.go.id) berisi konten bahan belajar yang dapat dimanfaatkan oleh pendidik PAUD, SD, hingga SMA/SMK. Dengan jargon: Belajar di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja.

Terdapat delapan konten, yaitu Sumber Belajar, Buku Sekolah Elektronik, Bank Soal, Laboratorium Maya, Peta Budaya, Wahana Jelajah Angkasa, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, dan Kelas Maya. Pada Fitur Pendukung terdapat tiga konten, yaitu Karya Guru, Karya Komunitas, serta Karya Bahasa dan Sastra serta materi pendukung lainnya.

Rumah Belajar juga memberikan layanan sumber media pembelajaran dalam bentuk bahan belajar interaktif yang dilengkapi gambar, animasi, video dan simulasi dan buku digital.

Ada juga Bank Soal yang berisi kumpulan soal-soal latihan/tes, Karya Guru dan Karya Komunitas, memberi kesempatan pendidik mengunggah karya terbaiknya.

Ada juga Fitur Kelas Maya, memberi layanan menyelenggarakan kegiatan e-learning atau pembelajaran secara daring (online) kapan saja dan di mana saja.

Adapun Laboratorium Maya dapat digunakan peserta didik dan pendidik melakukan percobaan di laboratorium secara virtual (maya). Semua percobaan atau simulasi yang tersedia di Laboratorium Maya dapat diunduh oleh pengguna dengan melakukan login terlebih dahulu. Di fitur ini terdapat konten untuk mata pelajaran IPA dan matematika dengan kategori SMP dan SMA.

Rumah Belajar telah banyak dimanfaatkan oleh pendidik sebagai sumber media pembelajaran. Bisa digunakan secara offline, caranya mengunduh materi terlebih dulu melalui smartphone/laptop.

Dalam memanfaatkan Rumah Belajar pengguna akan di dampingi oleh Duta Rumah Belajar. Mereka merupakan perpanjangan tangan dari Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom) Kemendikbud, dalam melakukan Sosialisasi pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK), khususnya pemanfaatan Rumah Belajar.

Sumber : Majalah JENDELA kemendikbud.

Prihatiningsih, S.Si., Guru SDIT Hidayatullah Yogyakarta
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya