» » Tips Merawat Alat Tulis Agar Tidak Mudah Hilang

Tips Merawat Alat Tulis Agar Tidak Mudah Hilang

Penulis By on Thursday, September 19, 2019 | No comments


Oleh : Suhartono

Memasuki tahun ajaran baru, orangtua pasti disibukkan dengan agenda menyiapkan peralatan sekolah untuk anak-anak. Setelah dipakai selama setahun, tentunya ada peralatan yang sudah tidaklayak pakai. Biasanya alat tulis, seperti pensil, pulpen, atau buku menduduki daftar teratas peralatan sekolah yang harus diganti. Belum lagi jika alat tulis tersebut hilang.

Merawat alat-alat tulis adalah hal yang sulit dilakukan anak-anak selain mengerjakan tugas banyak di rumah. Pada usia anak sekolah, mereka cenderung suka menaruh peralatan mereka dengan sembarangan. Selesai mengerjakan tugas mereka, alat tulis ditinggalkan begitu saja. Dan itu akan menimbulkan masalah baru. Mereka akan kesulitan menemukannya lagi saat alat-alat itu dibutuhkan. Meski tampak sepele, namun orangtua perlu sejak dini memberi pengertian pada anak untuk dapat menjaga alat tulisnya agar tidak mudah hilang.

Bagi orangtua yang anaknya baru pertama kali masuk sekolah, tidak perlu gagap dalam menyiapkan semua kebutuhan buah hati sehingga tanpa disengaja ada saja yang terlupa. Supaya persiapan anak masuk sekolah lebih matang kita perlu melakukan beberapa hal lebih supaya anak tidak kaget dan nyaman di hari pertamanya belajar di sekolah. Kita bisa berkonsultasi dengan orangtua lain yang lebih berpengalaman supaya paham apa saja perlengkapan yang perlu dipersiapkan. Sebab beberapa perlengkapan perlu dibeli ataupun tidak karena sudah memilikinya sebelum anak masuk sekolah. Misal kebutuhan menyiapkan wadah bekal makan anak yang kadang kita sudah memilikinya jadi tidak perlu membeli yang baru. Menyusun daftar akan membantu kita menyediakan perlengkapan yang tepat dan juga lengkap.

Tips merawat peralatan sekolah anak agar tidak mudah hilang
Sediakan tempat pensil.
Jika alat-alat tulis itu akan dibawa ke sekolah, maka kita harus menyediakan tempat pensil untuk menyimpan alat-alat itu agar tidak mudah tercecer. Sekarang ini banyak sekali tempat pensil beragam bentuk yang dijual di toko peralatan tulis. Tidak ada alasan anak laki-laki malu menggunakan tempat pensil karena tempat pensil yang didesain sesuai kebutuhan anak laki-laki juga tersedia.

Beri label pada alat tulis.
Seringkali orang beranggapan bahwa memberi nama pada peralatan mereka akan dicap pelit. Tapi tujuan memberi label di sini adalah agar jika peralatan tulis milik anak hilang akan mudah ditemukan.

Merapikan peralatan tulis yang ada di rumah juga perlu diperhatikan.
Buatlah wadah pensil berbentuk seperti gelas, atau bisa didapatkan juga di toko-toko alat tulis dengan tema-tema menarik.

Selalu cek perlengkapan sekolah anak pada malam hari ketika belajar malam, buatkan jadwal pelajaran sesuai dengan pelajarannya jangan sampai ada buku dan perlengkapan yang tertinggal.

Siapakan buku pelajaran sesuai dengan mata pelajaran masing-masing supaya tulisannya tidak campur-campur dan mudah untuk belajar karena sesuai pelajaran.

Siapkan juga buku khusus untuk campuran untuk mengantisipasi jika ternyata terjadi kesalahan dalam jadwal atau ada perubahan jadwal sehingga sianak bisa sementara mencatat dibuku campuran kemudian disalin kembali pada malam hari.

Suhartono, Pemerhati dunia anak
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya