» » Buat SWOT Agar Bisnis Tidak SEWOT

Buat SWOT Agar Bisnis Tidak SEWOT

Penulis By on Wednesday, October 30, 2019 | No comments


Oleh : Jamil Azzaini

Istilah SWOT dipopulerkan oleh Albert S Humphrey. SWOT merupakan singkatan dari Strength, Weakness, Oportunity dan Threat. Dengan menggunakan analisa SWOT kita menjadi tahu strategi apa yang akan kita pilih dalam menjalankan bisnis.

Saat perusahaan kita memiliki banyak strength dan disisi lain opportunity terbuka luas di pasar (pertemuan SO), maka strategi yang perlu kita lakukan adalah agresif (menyerang). Sementara saat perusahaan kita memiliki banyak kekuatan namun tingkat persaingannya sangat ketat (pertemuan SW) maka strategi yang kita pilih adalah diferensiasi (memiliki pembeda yang tegas dengan kompetitor).

Bagaimana bila perusahaan kita memiliki banyak kelemahan? Saat perusahaan memiliki banyak kelemahan dan persaingan semakin ketat (pertemuan WT) maka strategi yang perlu dipilih adalah defensive (bertahan), dengan kata lain yang penting bisa bertahan dan menggaji karyawan. Sementara saat perusahaan kita memiliki banyak kelemahan disisi lain banyak peluang terbuka di pasar (pertemuan WO) maka strategi yang perlu diambil adalah turn around (mengubah produk Anda atau mengubah model bisnis yang Anda jalani).

Kira-kira, bisnis Anda saat ini berada pada pilihan strategi yang mana?

Faktor Internal Analisis SWOT
Faktor Internal terdiri dari strength dan weakness yang menunjukan kondisi perusahaan pada umumnya tanpa melihat kondisi eksternal. Analisis kekuatan (strength) dan kelemahan (weekness) dilakukan dengan melihat kekuatan-kekuatan dan berbagai kelemahan perusahaan kita di bandingkan dengan para pesaing (kompetitor).

Mengukur Kekuatan
Untuk mengetahui kekuatan, organisasi, perusahaan atau bisnis kita, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini: Pertama, Kelebihan apa yang dimiliki oleh perusahaan kita? Kedua, Apa yang membuat perusahaan kita lebih baik dari kompetitor? Ketiga, Apa keunikan atau kekhasan yang dimiliki oleh perusahaan kita? Keempat, Apa yang menyebabkan konsumen membeli produk kita? Kelima, Apa manfaat terbesar yang dilihat atau dirasakan oleh konsumen?

Mengukur Kelemahan
Untuk melakukan Analisis kelemahan, kita bisa mengajukan pertanyaan berikut ini: Pertama, Faktor apa yang menyebabkan kita kehilangan pelanggan? Kedua, hal apa yang dilihat dan dirasakan oleh konsumen sebagai suatu kelemahan? Ketiga, Hal-hal apa yang bisa ditingkatkan dalam perusahaan. Keempat, Hal-hal apa yang harus dihindari oleh perusahaan. Kelima, Apa yang dilakukan oleh pesaing sehingga mereka lebih baik dari perusahaan kita?

Faktor Eksternal Analisis SWOT
Faktor eksternal terdiri dari peluang dan ancaman (oportunity dan threat), menunjukan kondisi yang terjadi di luar perusahaan, bisa mendukung bisnis kita dan bisa juga sebagai penghalang kemajuan bisnis kita. Kejadiannya diluar kendali kita, tugas kita mengantisipasi dan menyiapkan diri agar tidak berdampak buruk bagi bisnis kita.

Menganalisa Peluang
Untuk melakukan Analisis peluang yang ada, kita harus mampu menjawab pertanyaan berikut ini: Pertama, tren dan perubahan apa yang terjadi yang bisa berdampak dengan perusahaan kita? Kedua, apa hal-hal baik yang terjadi dan itu berdampak positif bagi bisnis kita? Ketiga, perkembangan politik, sosial – ekonomi, dan teknologi apa yang berdampak positif bagi perusahaan.

Menganalisa Ancaman
Analisis ancaman yang kita lakukan, harus mampu menjawab beberapa pertanyaan berikut: Pertama, Hambatan apa yang kita hadapi sekarang? Kedua, hal penting apa yang dilakukan oleh pesaing? Ketiga, Perkembangan apa saja yang menyebabkan ancaman bagi perusahaan ? Keempat, Adakah peraturan pemerintah yang akan mengancam perkembangan perusahaan?

Analisa SWOT membantu kita mengetahui posisi kita dan kondisi lapangan. Ibarat perang, kita tahu kekuatan kita sekaligus mengukur kekuatan musuh dan mampu memprediksi hal-hal yang akan terjadi. Selain itu, kita bisa mengetahui mana yang prioritas, mana yang printilan sehingga kita tidak terjebak dalam kesibukan yang tidak produktif, kata guru saya “sibuk for nothing.” Tampak sibuk tetapi hasilnya tidak sebanding dengan energi yang kita keluarkan.

So, buatlah analisa SWOT agar bisnis dan hidup Anda tidak mudah sewot.

Jamil Azzaini, Penulis Buku dan Motivator
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya