» » Ikan Gurami

Ikan Gurami

Penulis By on Thursday, October 3, 2019 | No comments


Oleh : Ana Noorina

Ikan gurami merupakan salah satu protein hewani yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat ikan gurami terdapat banyak yang bisa kita dapatkan apabila mengonsumsi secara rutin. Hal itu dikarenakan lemak yang terkandung pada ikan gurami adalah lemak tak jenuh, hal tersebut membuatnya gampang untuk bisa dicerna oleh tubuh dengan baik.

Kandungan nutrisi ikan gurami sanga banyak, di antaranya omega-3, asam lemak, vitamin: D dan B2 (riboflavin), kalsium, fosfor dan Mineral: seng, zat besi, magnesium, yodium, dan kalium.

Ikan gurami amat bagus bagi yang ingin menjaga kesegaran metabolisme tubuh selain dari yang kita dapatkan dari makan sayur-sayuran. Banyaknya gizi yang terdapat pada ikan gurami juga cukup bagus bagi manusia, seperti asam amino esensiil maupun non esensiil. Disamping itu, Ikan gurami juga mempunyai daya serap yang relatif tinggi yaitu 90-100 persen.

Lebih dari itu, Ikan gurami pun gampang untuk diolah bisa digoreng, dikukus atau direbus yang lebih menyehatkan. Jika Anda sedang menjalani program diet, mengonsumsi ikan gurami merupakan alternatif yang bagus untuk tubuh. Ikan gurami kaya akan mineral, vitamin dan nutrisi. Orang yang kerap memakannya biasanya akan jarang memakan makanan yang memiliki banyak kandungan lemak jenuh seperti halnya yang terdapat pada keju atau daging.

Mengapa ikan gurami bagus untuk diet? Ikan gurami tidak memiliki kandungan kolesterol yang banyak, sangat tinggi vitamin dan protein serta memiliki kandungan omega 3 yang amat banyak. Ikan gurami tidak akan merusak program diet Anda.

Manfaat lain mengonsumsi ikan gurami yakni bisa menghindari timbulnya sakit berat, contohnya gagal jantung, maupun sakit berat yang lain. Olahan ikan gurami yang sehat dapat menghindarkan dari timbulnya pengumpulan trigliserida, mengurangi adanya tingkat trigliserida yang berlebihan, dapat memperbanyak HDL (lemak yang baik ), dan menghindari adanya pembekuan darah. Hal tersebut secara menyeluruh bisa mempermudah sistem kerja kardiovaskuler.

Ana Noorina, Pemerhati dunia anak
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya