» » Kekuatan Tahajud

Kekuatan Tahajud

Penulis By on Thursday, October 3, 2019 | No comments




Assalaamu ‘alaikum wa rohmatullahi wa barokaatuh

Shalat tahajud merupakan salah satu shalat sunnah yang hampir tidak pernah ditinggalkan Nabi. Bahkan, Nabi pernah mengatakan, sekiranya dia tidak khawatir shalat ini akan diwajibkan, maka dia menganjurkan semua umatnya mendirikan tahajud di tengah malam. Tahajud merupakan shalat yang dilakukan lewat tengah malam. Shalat tahajud tidak perlu diragukan kemuliaannya dan tidak perlu dipertanyakan keabsahannya.

Selain selalu diamalkan Nabi, di dalam ayat Al Quran, Allah menjanjikan suatu tempat khusus yang amat terpuji bagi para hamba yang rajin Tahajud.

"Dan pada sebagian malam lakukanlah shalat Tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu, mudah-mudahan Allah Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.’’ Sekiranya orang memahami kedalaman makna ayat ini, niscaya semua umat Islam tidak akan meninggalkan shalat tahajud. Keutamaan shalat tahajud mencuat karena dilakukan ketika semua orang asyik dengan tidurnya. Sementara, ada segelintir hamba-Nya tersungkur di atas sajadah di tengah kesunyian malam. Antara yang menyembah dan yang disembah terjalin interaksi begitu akrab.

Terkadang terasa antara sang pencinta dan Yang Dicintai larut dalam kehangatan cinta. Sesekali air mata haru kerinduan membasahi sajadah. Sekonyong-konyong kadang terdengar bisikan, "Wahai pemilik jiwa yang haru, kembalilah ke pangkuan Tuhanmu dengan ridha dan diridhai-Nya. Bergabunglah dengan para kekasihku yang lain, masuk ke dalam surga-Ku" (QS al-Fajr/89:27:30).

Para pembaca yang dirahmati Allah,

Di kala tahajud inilah, saat yang tepat bagi orangtua mendoakan kebaikan bagi anak-anaknya. Pun bagi para guru, saat tahajud adalah waktu yang tepat mendoakan anak-anak didiknya. Kita bayangkan wajah-wajah mereka di dalam doa-doa kita. Bukan tak mungkin suatu saat mereka akan menjadi generasi yang kelak akan mengharumkan agama kita, bangsa dan negara kita. Mari kita menyebut nama-nama mereka di dalam doa kita. Kita memang tidak tahu doa siapa yang akan Allah ijabah, namun siapa tahu, ternyata doa kitalah yang kelak diijabah oleh Allah. Wallahu ‘alam bish showab.

Wassalaamu ‘alaikum a rohmatullahi wa barokaatuh

Redaksi
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya