» » Mengenalkan Allah kepada Anak

Mengenalkan Allah kepada Anak

Penulis By on Saturday, October 26, 2019 | No comments


Ada kewajiban orangtua kepada anak-anaknya, yaitu mengenalkan agama ini kepada mereka. Agama di sini adalah agama fitrah manusia, yaitu agama Islam. Ada 3 hal yang perlu diajarkan kepada anak-anak kita, yaitu ma'rifatullah (mengenal Allah), ma'tifatul dienul islam (mengenal agama Islam), dan ma'rifatul nabi shalallahu 'alahi wassalam (mengenal Nabi Muhammad SAW).

Nah yang pertama adalah mengenal Allah Subhanahu Wa Taala kepada anak-anak kita. Mengenal Allah itu wajib dikenalkan karena yang pertama kali akan dijawab di alam kubur adalah man rabbuka? Siapa Rabbmu? Dan sudah barang tentu harus dijawab Tuhanku adalah Allah.

InsyaAllah saat kedua orangtua bisa mengajarkan agama ini kepada anak-anaknya dengan baik, sehingga anak-anak mereka menjadi anak shalih dan tentu mendoakan keduanya, ini akan menjadi sedekah jariyah, sedekah yang pahalanya akan mengalir tiada henti walau anak manusia sudah tidur di bawah pusara kuburnya.

Lanjut ke mengenal Allah. Tentu ketika seorang hamba bisa menjawab dengan benar pertanyaan di alam kubur, harus mengetahui dan memahami siapa itu Allah. Jika di dunia saja tidak dikenalkan siapa itu Allah Rabb Semesta Alam, maka jangan berharap akan bisa menjawab pertanyaan malaikat di alam kubur ini.

Mengenal Allah tentulah banyak caranya, misalnya dengan membaca ayat-ayat kauniyahNYA, membaca ayat-ayat qauliyahNYA, mengikuti kajian-kajian, dan tentu masih banyak lagi. Dan yang lebih utama adalah mengerjakan perintahNYA dan menjauhi segala laranganNYA.

Mari mengenalkan Allah kepada anak-anak kita dengan bermacam cara, karena harapan orangtua, merekalah yang kelak bisa menolong kita dari api neraka.

Wallahu a'lam bishawab.

TMT
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya