» » Peliharalah yang Sudah Anda Dapat

Peliharalah yang Sudah Anda Dapat

Penulis By on Saturday, November 23, 2019 | No comments



Oleh : Jamil Azzaini

Ingatkah ketika Anda memiliki sebuah keinginan yang besar untuk mewujudkan sesuatu? Ingatkah, saat Anda sekolah dan ingin diterima di perguruan tinggi idaman? Atau, saat Anda menganggur dan segera ingin mendapatkan sebuah pekerjaan yang pas? Saat itu Anda ingin membuktikan bahwa Anda adalah sosok yang masih punya arti dengan pekerjaan Anda.

Atau, saat Anda masih sendiri, Anda begitu mendambakan seseorang untuk menjadi pasangan Anda. Anda ingin menemukan sosok yang tepat untuk bisa berbagi kasih, mimpi, dan segala cerita kehidupan yang akan Anda ukir bersamanya.

Saat keinginan-keinginan itu terwujud pasti Anda merasa bahagia, terharu, bercampur menjadi satu. Speechless! Serangkai rasa yang membuat Anda tak henti berucap terima kasih kepada Yang Kuasa, melakukan sujud syukur, sungkem kepada orangtua, traktir sana-sini, bahkan sampai membuat kenduri mengundang tetangga, saudara dan kerabat serta mitra kerja.

Betapa sungguh minggu-minggu pertama terasa begitu indah dan nikmat. Bulan pertama, keindahan dan kenikmatan pun masih terasa terkecap. Lalu bulan kedua, ketiga, hingga masuk ke tahun pertama, rasa itu mulai memudar, bahkan sudah mulai menghambar.

Tahun demi tahun berjalan, kita pun mulai lebih pandai menemukan celah yang membuat kita menghela nafas, bahkan mengeluh dan melupakan segala hal baik yang pernah ada, dan sesungguhnya masih tetap ada. Kita juga lebih mudah memantik api masalah yang kemudian kita sirami dan pupuk, sehingga ia berkembang menjadi masalah yang semakin besar dan berat.

Terkadang kita baru tersadar bahwa kita kurang mensyukuri apa yang sudah kita dapat itu ketika ia itu nyaris hilang dan akhirnya benar-benar pergi. Kita menyadari bahwa selama ini kita telah memiliki sesuatu yang semestinya bukan semata digenggam dan dijalani, tetapi juga disyukuri dan benar-benar disyukuri dalam hati, dalam ucap, dan dalam aksi.

Peliharalah apa yang sudah kita dapat. Pupuklah dengan berbagai aktivitas yang membuat keberadaan kita semakin bermakna. Lakukanlah banyak hal sehingga yang telah kita miliki betah dan melekat dengan kehidupan kita. Dengan cara ini, diujung kehidupan nanti, Anda akan bisa tersenyum bahagia karena begitu banyak hal yang telah Anda lakukan

Jamil Azzaini, Penulis da Motivator

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya