» » Terimakasih Guruku

Terimakasih Guruku

Penulis By on Sunday, November 24, 2019 | No comments

Guru pahlawan tanpa tanda jasa, begitulah yang telah kita dengar puluhan tahun yang lalu. Karena apa? Karena guru-guru adalah pahlawan. Lihatlah orang-orang besar sekarang, kalau ditelisik lebih jauh siapa guru-guru mereka? Siapa yang telah berjasa mendidik dan membimbing mereka. Tentulah para orang tua dan guru-guru mereka. Tapi para guru ini sungguh, mereka tidak meminta balas jasa atas jerih payah mereka. Melihat murid-murid mereka sukses itu adalah kebahagiaan tersendiri bagi mereka.

Jika ada yang berani melecehkan seorang guru atau profesi guru, sungguh orang-orang seperti ini tidak punya adab yang baik. Karena ilmu yang diajarkan kepada mereka adalah lantaran guru-gurunya. Jika ada anak murid yang berani membunuh guru atau karakter gurunya, sungguh, ini adalah perbuatan terkutuk.

Guru di zaman sekarang tentulah berbeda guru di zama terdahulu. Cobalah kita tengok guru-guru zaman terdahulu, jika di kampong ada seseorang dengan profesi guru, akan terasa karomah dari guru tersebut, mereka begitu disegani oleh orang-orang tua, apalagi anak-anak. Jika ada orang yang disebut “Pak Guru” atau “Bu Guru”, sungguh, ini adalah strata sosial yang tinggi pada waktu itu.

Berbeda jauh dengan zaman sekarang, profesi guru sudah layaknya seperti profesi-profesi yang lain, bahkan dengungnya sudah mulai berkurang. Jarang ada orang yang menyebut dengan istilah “Pak Guru” atau “Bu Guru” di kampung-kampung.

Mulai meredupnya strata guru di zaman sekarang ini, tentulah tidak mengurangi peran serta guru dalam mendidik dan membangun negeri ini. Karena di tangan para gurulah sesungguhnya kelak akan lahir generasi-generasi penerus bangsa dan agama ini.

Maka jika guru adalah pahlawan itu sudah pasti, maka jika guru itu pahlawan yang tanpa diberi jasa itupun sudah pasti. Jadilah guru yang bisa digugu dan ditiru, jadilah guru yang menjadi teladan di mana dan kapanpun berada. InsyaAllah jika guru mengajarkan ilmu yang bermanfaat, ia akan menjadi amal jariyah bagi guru walau nyawa para guru sudah tidak bersama bada mereka.

Terimakasih guruku, sudah membimbingku sepanjang hidupku.

Selamat Hari Guru 2019

TMT
Foto : Atin
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya