» » Jejak Digital Anak Kita

Jejak Digital Anak Kita

Penulis By on Sunday, December 1, 2019 | No comments



Oleh : Mahmud Thorif

Laiknya sebuah perjalanan, membuka bermacam aplikasi di internet pun ada jejaknya, sering dijuluki “jejak digital”.  Ketika seseorang bereksplorasi di dunia maya, sesungguhnya mereka meninggalkan jejak-jejak digital yang dibaca oleh mesin pencari tersebut. Sehingga ketika jejak digital tersebut tidak dibersihkan, maka iklan yang dimunculkan berdasarkan jejak digital yang ditinggalkan.

Misalnya yang suka membuka aplikasi-aplikasi perjalanan, maka tentu iklan yang muncul biasanya yang menawarkan perjalanan menjadi nyaman, misalnya transportasi, hotel, atau bahkan tempat wisata.

Sebagai orang tua, sudah tentu kita harus paham dan tahu apa sih yang dibuka oleh anak-anak kita di internet, maka salah satu jalannya adalah mengecek jejak digital mereka. Jejak digital ini bisa berupa apa yang mereka buka di internet, status apa yang mereka buat, komentar seperti apa yang mereka lakukan.

Nah cara mudah membuka jejak digital adalah dengan cek history di internet, jalan pintasnya adalah tekan tombol ctrl + h melalui keyboard, maka akan muncul history, atau bisa dicari di menu yang ada dalam aplikasi. Pun demikian di aplikasi media sosial seperti youtube, instagram, FB, twitter, atau lainnya bisa dicek status history.

Nah sudah berang tentu jika menemukan kejanggalan-kejanggalan di jejak digital anak-anak kita, sebagai orangtua harus segera bertindak, misalnya dengan menskors anak tidak dibolehkan memakai internet dalam beberapa hari atau lainnya, apalagi jika kita melihat anak-anak sering memakai internet tetapi history nya mereka clear kan, ini patut dicurigai.||


Penulis : Mahmud ThorifRedaktur Majalah Fahma
Foto      : Google 

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya