» » Mulailah Dari Dirimu Sendiri

Mulailah Dari Dirimu Sendiri

Penulis By on Thursday, January 2, 2020 | No comments


Oleh : Indayana Ratna Sari, S.Si.

Jika ditanya "Hal apa yang menjadi resolusi di tahun 2020?"

Sebagai makhluk yang nalurinya punya nafsu dan menginginkan banyak hal tentu saya akan menjawab : "Banyak hal yang ingin saya capai, salah satunya adalah belajar untuk ibda' binafsi, memulai dari diri sendiri."

Memulai apa?

Memulai hal apapun itu, selama itu adalah kebaikan. Tentu ketika kita ingin menjadi orang yang beruntung, kita akan berusaha untuk menjadi lebih baik dari diri kita yang sebelumnya dan bukankah perubahan itu hendaknya dimulai dari diri sendiri?

Sesuai Firman Allah dalam QS. Ar-Ra'd: 11

Bahwa “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum, sebelum kaum itu mengubah diri mereka sendiri."

Dalam QS. Ash-Shaff:2-3 Allah juga berfirman yaitu "Wahai orang-orang yang beriman! Mengapa kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan. (Itu) sangatlah dibenci di sisi Allah jika kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan."

Dari firman Allah tersebut mungkin dapat menyadarkan dan mengingatkan kita bahwa sebelum mengajar dan mengajak orang lain untuk mengerjakan kebaikan, maka pastikan dulu jika kita telah mengajar dan mengajak diri kita sendiri. Seperti yang banyak kita tahu bahwa mengajak orang lain dengan memberi contoh atau tauladan akan memberi pengaruh yang lebih besar dibandingkan hanya mengajak dengan kata-kata. Sederhananya dakwah dengan perbuatan lebih diutamakan dibandingan dakwah dengan lisan. Walaupun sebenarnya antara dakwah lisan dan perbuatan sebaiknya dipadukan.

Hal ini tentu telah kita lihat pada diri Rasulullah, beliau suri tauladan yang baik. Tidak hanya mengajak dengan ucapan semata, namun beliau juga mengajak untuk melakukan apa yang beliau ucapkan. Contoh kecilnya saja senyum. Beliau mengatakan bahwa senyum kepada saudara itu adalah sodaqoh dan beliau terbukti merupakan pribadi yang paling banyak senyum. “Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya (HR. Muslim). Yah, mulailah perubahan dan kebaikan itu dari sendiri, sekecil apapun itu.

Indayana Ratna Sari, S.Si., Mahasiswi S2 Universitas Negeri Yogyakarta
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya