» » Inilah 8 Potensi Fitrah Anak

Inilah 8 Potensi Fitrah Anak

Penulis By on Sunday, April 26, 2020 | No comments


Oleh : Indayana Ratnasari

Setiap anak setidaknya memiliki 8 potensi fitrah sejak dilahirkan:

1. Fitrah Keimanan
Sebelum lahir ke dunia, di alam ruh setiap anak pernah bersaksi bahwa Allah sebagai Rabbnya. Maka setiap bayi yang lahir, fitrahnya adalah ingin mengenal dan merindukan sosok Rabb mereka, Sang Maha Pencipta.

2. Fitrah Belajar
Setiap anak yang lahir adalah seorang pembelajar tangguh sejati, mencintai belajar, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi akan hal- hal baru dan berbagai macam ilmu.


3. Fitrah Bakat
Setiap anak yang lahir memiliki keunikan, spesial, memiliki sifat khas atau bawaan masing-masing yang kelak akan menjadi panggilan hidup dan berperan spesifik dalam karirnya yaitu sebagai khalifah di bumi dengan potensi bakat yang dimiliki.

4. Fitrah Seksualitas
Setiap anak dilahirkan membawa sifat terkait gendernya, yaitu sebagai lelaki atau perempuan. Jika tumbuh paripurna kelak akan menjadi ayah dan ibu sejati.


5. Fitrah Estetika dan Bahasa
Setiap anak diinstal memiliki kemampuan berbahasa dan menyukai keindahan, keharmonisan kelestarian, kedamaian, dan sebagainya.


6. Fitrah Individualitas dan Sosialitas Setiap anak punya ego (aku) yang bila tumbuh paripurna akan menjadikan mereka memiliki kemampuan bersosial atau berjamaah yang baik.


7. Fitrah Jasmani
Setiap anak lahir membawa pola makan, pola gerak, pola tidur, dan pola bersih yang baik. Setiap anak dipersiapkan jasadnya untuk hidup di dunia dengan sehat.


8. Fitrah Perkembangan
Setiap anak sampai aqil baligh dan sesudahnya memiliki tahap-tahap perkembangan yang harus diikuti sesuai sunnatullah dan alamiah perkembangannya. Tidak berlaku kaidah makin cepat makin baik.

Dikutip dari buku FBE Ustadz Harrys Santosa Hasan yang disampaikan oleh ustadzah Aisyah Zakiyah Fadhilah

Indayana Ratnasari, Mahasiswa S2 Universitas Negeri Yogyakarta
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya