» » Ramadhan di Tengah Pandemi Covid-19

Ramadhan di Tengah Pandemi Covid-19

Penulis By on Friday, April 24, 2020 | No comments


[www.majalahfahma.com] Bulan Ramahan 1441 H/2020 M  kali ini di tengah pandemi wabah covid-19. Virus mematikan dari negeri China ini mengguncang dunia, melumpuhkan segala aktivitas manusia, melumpuhkan ekonomi di seluruh negeri. Dan di tengah wabah inilah kaum muslimin menjalani ibadah puasa ramadhan.

Masjid-masjid yang biasa tumpah ruah jamaah di malam-malam bulan Ramadhan, dengan segala jenis kegiatannya kita sunyi, sepi, seakan mati. Kegiatan sore hari menjelang berbuka puasa kini tidak ada sama sekali. Semua itu demi menghalau pandemi covid19.

Bukan hanya masjid-masjid kami yang tutup, lihatlah juga warung-warung makan, tempat-tempat santai yang biasa dipakai acara bukber alias buka bersama pun merasakan dampaknya. Oplah jutaan, belasan juta, puluhan juta, atau bahkan ratusan juta yang biasanya mereka raup di bulan Ramadhan kini terjun bebas, mungkin bisa menjadi nol rupiah yang mereka dapatkan. Belum dari sektor tenaga kerja, yang biasanya membutuhkan banyak tenaga kerja kini tidak membutuhkan mereka sama sekali.

Belum lagi orang-orang yang hidup di perantauan, mereka kebingungan memenuhi kebutuhan hidup diri mereka dan keluarganya. Bagaimana tidak bingung, anak, istri mereka setiap hari butuh makan, sementara penghasilan harian putus sama sekali. 

Di mana-mana terjadi Putus Hubungan Kerja (PHK) dikarenakan perusahaan-perusahaan tempat bekerja mereka tidak sanggup menggaji karyawannya

Nah, belum lagi yang profesinya sebagai da'i atau ustadz, panggilan dakwah mereka berhenti sama sekali, sementara kebutuhan hiup mereka juga tidak pernah berhenti. Bahkan bagi para da'i ini, mereka harus dijaga kehormatannya, dijaga muru'ahnya, dijaga harga diri mereka jangan sampai mereka menengadahkan tangan meminta-minta. Tentulah nasib mereka harus ada yang memikirkannya.

Ah, betapa berat hidup dan kehidupan mereka di tengah wabah ini.

Semoga semangat kita bersama Ramadhan tidak kalah engan semangat pada tahun-tahun sebelumnya. Masih bisa banyak yang dilakukan ketika di rumah saja.

TMT
Foto google
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya