» » 5 Hal yang Perlu Dilakukan Pendidik dalam Pembelajaran Jarak Jauh

5 Hal yang Perlu Dilakukan Pendidik dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Penulis By on Monday, May 11, 2020 | No comments



Di tengah pendemi, pendidik, orangtua dan anak didik dihadapkan pada tantangan yang tidak mudah. Mereka  harus beradaptasi dengan situasi ketidakpastian, penuh kebingungan. 

Berikut 5 hal yang perlu dilakukan pendidik dalam melakukan pembelajaran jarak jauh : 

1.  Bersikap open mind

Pikiran terbuka akan memudahkan kita untuk move on, tidak kaku pada suatu hal. Apalagi dalam situasi seperti ini, pendidik perlu melakukan sesuatu yang baru untuk tetap menjalankan tugas-tugasnya. Jangan takut dengan perubahan, jangan takut untuk mencoba sesuatu yang baru. 

2. Fokus kepada hal terpenting : tentang pendidikan karakter, kecakapan hidup atau materi kontekstual lainnya. 

Menteri Pendidikan Nadiem Makarim menegaskan bahwa tidak ada keharusan untuk mengejar ketuntasan  kurikulum, "ini kesempatan emas untuk  menguatkan konsep-konsep fundamental yang mendasari kemampuan  murid-murid untuk bisa sukses di mata pelajaran apapun. Contohnya  seperti di literasi, numerasi, dan pendidikan karakter", ungkap beliau.

3. Terus mengintensifkan komunikasi & kerja sama dengan keluarga

Penting kerjasama antara sekolah dan orang tua agar berhasil mendidik anak. Oleh karena  itu pendidik dan orang tua perlu tetap optimis dan memberikan layanan pendidikan yang terbaik dan menyenangkan untuk putra putrinya. 

4. Berbagi informasi  dengan sesama guru 

Sumber FB TK Yaa Bunayya Yogyakarta
Foto Atin

Kemampuan guru berbeda-beda, ada guru yang lebih  cepat beradaptasi dengan teknologi, tetapi ada juga guru yang butuh waktu lebih untuk menguasainya. Guru perlu saling  berbagi dan saling membantu untuk meningkatkan semangatnya. 

5. Mengajar dengan emosi positif

Emosi itu menular. Maka perlu kita terus berpikiran positif dan membuat hati riang gembira dalam menjalankan tugas-tugasnya.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya