» » Kebahagiaan Spiritual

Kebahagiaan Spiritual

Penulis By on Monday, May 18, 2020 | No comments


Oleh : Cahyadi Takariawan

Ada sangat banyak kebiasaan positif yang bisa dilakukan oleh pasangan suami istri, agar kehidupan pernikahan mereka selalu diliputi kebahagiaan dan keharmonisan.

Fawn Weaver, penulis buku 'Happy Wives Club', menyebutkan beberapa kebiasaan positif yang dapat mempertahankan keharmonisan pernikahan, diantaranya adalah Kegiatan Spiritual.

Kebahagiaan yang dilandasi oleh kekuatan spiritual, lebih nyata dan bertahan lama dibanding kebahagiaan material semata.

Maka, sangat penting bagi pasangan suami istri untuk selalu menjaga suasana spiritual dalam kehidupan keluarga, karena akan menjadi landasan kebaikan mereka, dunia dan akhirat.

Tak akan ada kebahagiaan hakiki yang hanya bersumber dari kecukupan dan kemewahan materi. Bahagia harus bersumber dari ruhani.

Weaver menyatakan, melakukan kegiatan spiritual bersama pasangan, seperti beribadah, dapat menjadi kebiasaan positif untuk keharmonisan pernikahan.

Journal of Family Psychology pada tahun 2001 juga pernah mempublikasilan hasil penelitian bahwa melakukan kegiatan keagamaan bersama pasangan dapat meningkatkan kebahagiaan dan keharmonisan keluarga.

Bagi keluarga muslim, bisa melakukan perjalanan umrah atau haji bersama pasangan. Jika belum memiliki kemampuan finansial, cukup dengan membiasakan kegiatan ibadah sehari-hari bersama pasangan.

Pergi shalat berjamaah ke masjid berdua, melakukan tilawah dan tadabur Al Qur’an bersama, melaksanakan shalat sunnah berdua, mengikuti kajian keislaman bersama, dan lain sebagainya.

Apalagi sekarang di akhir Ramadhan. Berbuka puasa bersama, sahur bersama, shalat Tarawih bersama, tilawah bersama, dzikir bersama. Bahagianya.

Cahyadi Takariawan, Penulis Buku dan Motivator Pernikahan
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya