» » » Disertasi Sesat dan Menyesatkan

Disertasi Sesat dan Menyesatkan

Penulis By on Wednesday, September 4, 2019 | No comments


Oleh : Cahyadi Takariawan

Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengkritik keras hasil disertasi Abdul Aziz, Doktor lulusan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta yang menjelaskan tentang akad atau perjanjian hubungan intim di luar nikah yang dinilainya tidak melanggar hukum Islam.

Wakil Ketua Umum (Waketum) MUI, Yunahar Ilyas menyatakan, hasil penelitian Abdul Aziz bertentangan dengan ajaran Islam. Menurut dia, konsep Milk Al-Yamin versi Muhammad Syahrur yang digunakan sebagai landasan dasar Abdul Aziz telah dinyatakan sesat dan menyesatkan oleh para ulama.

“Abdul Aziz mengambil konsep Milk Al-Yamin Muhammad Syahrur. Pertama, Muhammad Syahrur di dunia Islam sudah di fatwakan sesat dan menyesatkan, bahkan Syekh Wahbah Zuhaili ulama besar dari Suriah satu negara dengan Syahrur waktu berkunjung ke Yogyakarta ditanya, Syahrur itu sesat dan menyesatkan,” ucap Yunahar Ilyas saat ditemui di Kantor MUI, Jakarta Pusat, Selasa (3/9).

Atas dasar itu, Yunahar menyebutkan bahwa disertasi Abdul Aziz yang membolehkan seks bebas merupakan konsep sesat dan menyesatkan.

“Abdul Aziz sendiri mengatakan cukup komitmen moral saja, itu kan free seks, lalu free seks dihalalkan. Nah ini sudah sesat menyesatkan, menyimpang,” jelasnya.

Lebih tegas, selain bertentangan dengan ajaran Islam, tambah Yunahar, juga bertentangan dengan Pancasila serta moral bangsa Indonesia.

“Nah ini bertentangan dengan ajaran Islam, bertentangan dengan Pancasila, bertentangan Undang-Undang 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan dan juga bertentangan dengan moral bangsa kita. Jadi ini harus ditolak,” tegasnya.

MUI menyesalkan keputusan promotor dan penguji meluluskan disertasi Abdul Aziz. Bahkan, Yunahar menegaskan promotor dan penguji harus bertanggungjawab.

“Promotor dan penguji harus tanggungjawab. Caranya bagaimana? Caranya itu harus direvisi yang substansif sampai hilang. Harusnya enggak lulus itu. Kalau saya promotornya saya tolak dari awal itu,” pungkasnya.


Sumber : IG Cahyadi_Takariawan
Foto : tirto.id
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya