» » » VPN, Solusi Mudah atasi Gangguan Internet

VPN, Solusi Mudah atasi Gangguan Internet

Penulis By on Saturday, September 7, 2019 | No comments



Oleh : Prihatiningsih, S.Si.

VPN merupakan singkatan dari Virtual Private NetworkVPN adalah sebuah koneksi yang memungkinkan pengguna internet mendapatkan pengalaman lebih aman, terhindar dari pengintaian, lebih bebas dalam melakukan aktifitas di Internet seperti Browsing ataupun mendownload sebuah data. Selain itu VPN juga ditujukan sebagai metode koneksi yang digunakan untuk menambahkan keamanan dan privasi ke jaringan pribadi dan publik, seperti Hotspot WiFi dan Internet.

VPN paling sering digunakan oleh perusahaan untuk melindungi data sensitif. Namun, menggunakan VPN pribadi semakin menjadi lebih populer karena lebih banyak manfaat yang didapatkan. Privasi ditingkatkan dengan VPN karena alamat IP awal pengguna diganti dengan satu dari penyedia VPN. Pengguna dapat memperoleh alamat IP dari server yang disediakan oleh layanan VPN. Misalkan Anda menggunakan Alamat IP internet di Semarang maka dapat menggunakan VPN untuk menyembunyikan data anda dengan mengubah informasi menggunakan alamat IP sesuai yang disediakan oleh Provider VPN semisal di Singapura, Malaysia bahkan Eropa dan Amerika.

Cara Setting VPN di Android:
Kebanyakan aplikasi VPN di smartphone ataupun di PC memberikan kemudahan bagi pengguna dengan cara “One Click Connect” hanya tinggal memilih Server dan menekan tombol Connect maka pengguna langsung bisa menikmati VPN. Tetapi tidak jarang juga beberapa aplikasi yang hanya memberikan pengaturan sebuah jembatan untuk pengguna menggunakan VPN yang didapat dari situs penyedia VPN contohnya seperti OpenVPN.

Berikut ini contoh cara menggunakan VPN di android dengan mudah dan praktis :
1.    Download Aplikasi Turbo VPN di Play Store
2.    Instal Aplikasi tersebut
3.    Setelah Installasi sukses maka Buka aplikasi tersebut
4.    Pilih server yang di inginkan, anda juga bisa memilih Automatic yang mana server dipilihkan secara otomatis
5.    Pilih “Connect”

Dengan begitu Smartphone anda sekarang sudah terhubung dengan VPN dan siap digunakan.

Prihatiningsih, S.Si., Pegiat Media Sosial
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya