» » Empat Pemisah

Empat Pemisah

Penulis By on Sunday, October 20, 2019 | No comments


Oleh : Cahyadi Takariawan

Menurut John M. Gottman, ada empat perilaku interaksi yang potensial memisahkan jarak antara suami dan istri semakin jauh.

Perilaku pertama adalah banyak mengkritik pasangan.

Semua orang tentu memiliki harapan kepada pasangan, yang terkadang tidak bisa menjadi kenyataan.

Kondisi yang tidak sesuai harapan ini biasa memunculkan banyak kritik terhadap pasangan, yang ditujukan kepada pribadi atau sifat tertentu.

Semakin sering pasangan dikritik, semakin tidak nyaman dirinya. Kritik terhadap pasangan akan semakin menjauhkan hubungan, semakin memisahkan jarak di antara mereka berdua.

Perilaku kedua adalah banyak mencela pasangan.

Apabila kritikan dirasa tidak mempan, biasanya meningkat menjadi banyak mencela. Suami atau istri mencela, mencibir, menghina, mengejek, dan merendahkan pasangan.
Ini menjadi racun yang sangat mematikan dalam membangun kelekatan dengan pasangan.

Banyak kritik terhadap pasangan saja bisa menjauhkan hubungan, apalagi ketika diteruskan dengan banyak mencela.

Perilaku ketiga adalah menyalahkan pasangan.

Kritik dan celaan tidak menunjukkan hasil perubahan seperti yang diharapkan, maka mulai semakin berani dan sering bersikap menyalahkan pasangan. “Ini semua salahmu”, atau “Semua gara-gara kamu”.

Sikap dan perilaku yang selalu menyalahkan pasangan, membuat suasana semakin runyam dan tidak nyaman. Hubungan mereka semakin menjauh, ada jarak yang bertambah lebar memisahkan mereka.

Perilaku keempat adalah membangun benteng.

Yang dimaksud adalah perilaku untuk menyatakan “aku tidak seperti yang engkau kira”, atau “aku tidak seperti itu”, atau “terserah apa katamu, aku tidak begitu”, atau “aku memang seperti ini dan tidak akan berubah”.

Seperti tembok atau benteng yang berdiri kaku, untuk menyatakan keakuan diri. Setelah banyak mengkritik, banyak mencela, banyak menyalahkan pasangan, ujungnya adalah membangun benteng untuk menunjukkan eksistensi diri di hadapan pasangan.

Empat perilaku inilah yang akan memisahkan jarak psikologis antara suami dan isteri.

Model @amar_hadid
@deniarshaputri

Sumber IG Cahyadi_Takariawan

Hasil jepretan @azkaluna
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya