» » Website Sekolah

Website Sekolah

Penulis By on Sunday, May 24, 2020 | No comments

Oleh : Mahmud Thorif 

Di zaman digital ini, website sekolah kadang sangat dibutuhkan oleh sebuah lembaga pendidikan. Dengan mempunyai website, sebuah sekolah bisa menyampaikan informasi sekolahnya kepada masyarakat. Misalnya profil sekolah, visi dan misi sekolah, tujuan sekolah, proses penerimaan siswa baru, informasi kegiatan di sekolah, kegiatan yang dilaksanakan di sekolah tersebut, dan lain sebagainya.

Pengalaman penulis yang banyak berhubungan dengan lembaga pendidikan, banyak orang tua murid yang ketika akan menyekolahkan anaknya mereka berselancar di dunia maya. Mulai dari keunggulan sekolah sampai dengan biaya sekolah. Makin sering sebuah sekolah mengunggah berita, kegiatan, dan lainnya di internet maka peluang sekolah tersebut makin besar dicari netizen. Orangtua yang akan pindah domisili karena pekerjaan atau pendidikan pun cenderung mencari sekolah tujuan awalnya di internet.

Nah, website sekolah menjadi alternatif bagi sebuah lembaga pendidikan agar semua itu bisa disajikan di internet. Kunci dari mengelola website sekolah ini adalah tim yang solid, siapkan beberapa guru atau pegawai untuk mengelola website ini. Jika memang ada anggaran berlebih, beri mereka honor sebagai bentuk penghargaan mengelola website sekolah ini. Setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh guru, murid, atau bahkan orangtua bisa menjadi objek berita. Sehingga website sekolah ini akan semakin hidup.

Sudah barang tentu website sekolah ada yang berbiaya tinggi dan ada pula yang berbiaya rendah. Tergantung desain dan tingkat kerumitan yang ditawarkan.

Cobalah main di website gratis terlebih dulu, semisal wordpress atau blogger untuk menguji keistikomahan para pengelola. Cobalah 1, 2 tahun terlebih dahulu. Jika masih bertahan, maka bisa membeli website sekolah sesuai dengan kemampuan sekolah. Agar nama website sekolah tampil keren, bisa membeli domain terlebih dahulu.

Selamat mencoba.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya