» » Wortel

Wortel

Penulis By on Monday, May 25, 2020 | No comments

Oleh : Ana Noorina

 

Wortel memiliki nama latin yaitu Daucus carota L.  Meski lebih dulu dikenal sebagai obat-obatan, daucus carota tetap memiliki banyak manfaat ketika dijadikan makanan. Anda bisa mengolahnya menjadi sup, ditumis, salad, campuran jus, dimakan mentah, bahkan dibuat keripik.

Wortel memiliki banyak jenis antioksidan yang sangat baik untuk tubuh. Salah satunya adalah beta karoten. Wortel yang berwarna oranye sangat tinggi kandungan beta karotennya. Proses penyerapannya oleh tubuh akan lebih baik jika wortel dimasak. Selain beta karoten, umbi dengan beragam warna ini juga mengandung antioksidan dari vitamin A berupa alpha karoten. Selain itu, wortel yang berwarna kuning, putih, dan kekuningan sangat banyak mengandung lutein. Ini merupak antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan mata. Sayuran dan buah yang berwarna merah memiliki banyak lycopene dan antisionin, termasuk wortel merah dan ungu.  Antioksidan ini sangat baik untuk kesehatan jantung.

Wortel mengandung serat, kalium, dan lengkap dengan antioksidan seperti lycopene. Nah, kedua nutrisi ini dipercaya dapat menjaga tekanan darah tetap stabil. Selain itu, wortel juga tidak mengandung kolesterol jahat yang baik untuk pembuluh darah.

Manfaat wortel ini akan didapatkan jika Anda mengonsumsi wortel dan sayuran serta buah lainnya yang masih segar, bukan yang sudah dikemas (sayur atau buah kaleng). Bila tekanan darah Anda tetap terjaga, itu artinya Anda terhindar dari hipertensi dan penyakit jantung.

Wortel dikenal dengan kandungan vitamin A yang sangat baik untuk mata. Maka dari itu, banyak orangtua yang sengaja mengenalkan makanan ini pada anak saat usianya masih kecil.  Manfaat wortel ini dapat membantu mencegah gangguan pada mata, seperti glaukomakatarak, dan kelainan refraksi (miopiastigmatisme dan hipermetropi).

Masalah pada mata memang tidak menyebabkan kematian. Namun, bisa membuat kualitas hidup seseorang jadi menurun dan tentunya berisiko juga menyebabkan kecelakaan yang berakhir dengan kematian.

Wortel bukan hanya dikenal dengan vitamin A saja, tapi juga vitamin C. Jika Anda termasuk orang yang mudah tertular dengan flu atau pilek, sebaiknya perbanyak makan wortel. Vitamin C dari wortel dapat mendukung sistem imun jadi lebih kuat.

Ana Noorina, Pemerhati dunia anak

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya