» » Ajukan Pertanyaan ini Setiap Bangun Tidur?

Ajukan Pertanyaan ini Setiap Bangun Tidur?

Penulis By on Thursday, December 10, 2020 | No comments

Oleh : Jamil Azzaini

Bill Gates pernah mengatakan “Kualitas hidup seseorang sangat tergantung dengan kualitas pertanyaan yang diajukan.” Sementara Steve Jobs setiap pagi selalu mengajukan pertanyaan “Jika hari ini adalah hari terakhir hidupku, akankah aku melakukan apa yang ingin aku lakukan hari ini? Jika jawabannya ‘tidak’ selama berhari-hari, maka aku tahu aku harus mengubah sesuatu.”

Belajar dari dua tokoh tersebut saya membiasakan diri mengajukan empat pertanyaan setelah bangun tidur. Tentu empat pertanyaan tersebut saya ajukan setelah saya membaca doa bangun tidur. Setelah membaca doa bangun tidur, saya tetap duduk di atas tempat tidur dan mengajukan tiga pertanyaan berikut:

Pertama, Apa yang perlu saya lakukan hari ini agar Allah swt semakin mencintai saya?

Kedua, apa yang perlu saya lakukan hari ini untuk meningkatkan kemampuan saya?

Ketiga, kebaikan apa yang perlu saya lakukan hari ini?

Keempat, hal berbeda apa yang perlu lakukan hari ini?

Setelah menjawab 4 pertanyaan tersebut dalam “dialog imajiner” di pikiran, saya kemudian turun dari tempat tidur dan meneruskan aktivitas rutin harian.

Pertanyaan pertama perlu kita ajukan karena pada hakekatnya kita semua adalah makhluk spiritual yang sedang melakukan perjalanan profesional. Pekerjaan utama kita dimuka bumi adalah berusaha agar Allah swt semakin mencintai kita, selain itu adalah pekerjaan sambilan.

Pertanyaan kedua kita ajukan agar kita selalu bertumbuh. Nilai-nilai dan keahlian yang melekat pada diri kita mampu mengikuti perkembangan zaman bahkan bisa menaklukkan perubahan yang terjadi sangat cepat, seperti saat ini.

Pertanyaan ketiga kita ajukan agar keberadaan kita memberi manfaat kepada banyak orang. Kita selalu berupaya membantu orang lain untuk menemukan solusi atas berbagai permasalahan yang mereka hadapi. Kita menyuntikkan kebahagiaan kepada banyak orang, memberikan inspirasi dan menjadi jalan kebaikan bagi banyak orang.

Pertanyaan keempat kita ajukan agar setiap hari kita selalu melakukan hal yang baru, tidak terjebak rutinitas. Hal yang baru tersebut tidak harus sesuatu yang besar, boleh jadi sarapan yang berbeda, jalan menuju kantor yang berbeda, memperlakukan pasangan hidup secara berbeda, ngobrol dengan anggota keluarga dengan topic yang berbeda.

Dengan mengajukan empat pertanyaan ini saya merasakan banyak kebaikan yang bisa saya dapatkan setiap harinya. Semoga pengalaman saya ini menginspirasi Anda. Mau mencoba?  

Jamil Azzaini, Penulis Buku dan Motivator

Sumber : www.jamilazzaini.com

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya
 
google.com, pub-2899497012032282, DIRECT, f08c47fec0942fa0