» » » Mengenalkan Gadget Secara Bertahap Kepada Anak

Mengenalkan Gadget Secara Bertahap Kepada Anak

Penulis By on Monday, April 26, 2021 | No comments


Oleh: Mohammad Fauzil Adhim

Pada dasarnya setiap anak senang berinteraksi dan berkomunikasi dengan orangtua. Tanpa disuruh pun, anak-anak senantiasa mencari orangtuanya. Interaksi akan menyenangkan apabila memperoleh tanggapan yang gegas dan hangat. Ada pembicaraan yang hidup di antara mereka. Maka duduk bersama orangtua, berkumpul dengan saudara-saudara maupun anggota keluarga lainnya akan menyenangkan. Bukan hanya saat mereka kecil, tatkala usia sudah remaja dan beranjak dewasa pun, saat duduk bersama merupakan kesempatan yang berharga.

Akan tetapi tidak menunggu remaja untuk menjadi anak tidak betah berbincang bersama orangtua. Jika sekedar untuk membuat ibunya menoleh saja memerlukan perjuangan yang keras, itu pun tanggapannya dingin, maka anak belajar semenjak dini mencari saluran komunikasi lainnya. Boleh jadi saluran itu bernama teman, boleh jadi bernama pembantu atau gadget. Sementara dengan orangtua pelahan-lahan tidak nyambung.

Berkenaan dengan gadget, kitalah yang perlu mengenalkannya secara bertahap agar anak kelak dapat mempergunakan dengan baik dan bertanggung-jawab. Anak yang memanfaatkan gadget, bukan dimanfaatkan. Anak yang mengendalikan. Bukan dikendalikan.

https://youtu.be/R31_uVvqpfE
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya